Spinner Icon

Cara Anda Mengatur Kamar Tidur Pengaruhi Keberuntungan Tahun Ini

Author Image
Admin BTN Properti
Info Terbaru · 11 Februari 2019

KOMPAS.com – Selebrasi hari raya Imlek 2019 atau tahun baru China 2570 ini juga bisa dijadikan momen untuk merencanakan hidup Anda agar mendapatkan lebih banyak rezeki dan keberuntungan.

Bagi Anda yang memercayai Feng Shui, kualitas dan tata ruang rumah perlu mendapat perhatian. Begitu pula dengan kamar tidur.

Anda bisa mengubah dan merenovasinya sesuai Feng Shui agar keberuntungan semakin dekat kepada Anda.

Berikut ini cara mengatur kamar tidur yang harmonis sesuai Feng Shui pada tahun babi tanah:

1. Buatlah posisi kamar tidur berada di tempat yang paling jauh dari pintu masuk utama rumah. Secara tidak sadar, Anda akan merasa lebih aman, seimbang, dan terlindungi.

Tempat terburuk untuk posisi suatu kamar tidur adalah di sebelah pintu utama rumah. Namun, kita harus realistis bahwa kadang-kadang tidak ada pilihan lain.

Maka dari itu, sesuaikan posisi kamar tidur dengan luas area rumah Anda dan manfaatkan ruang yang dimiliki sesuai kebutuhan.

2. Tempatkan tanaman atau pohon uang di sudut kamar Anda untuk mencegah terjadi tidak berjalannya energi di sudut kamar itu.

Jika Anda ingin meningkatkan hubungan dengan pasangan, pilih warna merah dan merah muda yang akan berpengaruh pada kehidupan cinta Anda.

Warna-warna tersebut hanya dapat digunakan sebagai aksen, bukan warna utama. Warna-warna yang terlihat mencolok, seperti merah, oranye, dan kuning, sebagian besar dikaitkan dengan Yang dan dinilai terlalu menonjol untuk kamar tidur.

3. Jika saat ini Anda sedang tidak berada dalam suatu hubungan alias tidak memiliki pasangan, tetapi Anda menginginkannya, buatlah dekorasi kamar seolah-olah Anda sedang memiliki pasangan.

Tempatkan lampu temaram di kedua sisi tempat tidur. Gunakan pula aksesori yang sepasang dan pastikan posisi masing-masing simetris.

Sebaliknya, jika Anda sudah memiliki pasangan, anggaplah tempat tidur sebagai altar untuk meletakkan benda-benda kenangan bersama pasangan, misalnya foto berdua, sepasang lilin, dan tanaman berdaun bundar.

Jangan lupa menambahkan beberapa aksesori berwarna merah atau merah muda di sekitar tempat tidur untuk menciptakan suasana romantis. Selain itu, tempatkan juga bebek Mandarin sebagai simbol cinta tertinggi dalam Feng Shui.

Hindari tidur dengan posisi kaki menghadap ke pintu. Dalam budaya tradisional China, ini disebut "posisi mati" karena orang meninggal biasanya diletakkan dengan posisi kaki menghadap ke pintu.

Para praktisi Feng Shui menganggap bahwa tidur dalam posisi ini bisa menguras kekuatan penting penting dalam hidup.

Jika Anda tidak memiliki cara untuk menghindarinya, gunakan tempat tidur yang memiliki pembatas di bagian kaki atau barang lain yang ditempatkan di pinggir tempat tidur.

Sisakan ruang yang cukup di sekitar tempat tidur untuk memperlancar aliran energi sehingga Anda dapat dengan mudah beranjak dari tempat tidur.

4. Ketidakteraturan di kamar Anda menghalangi aliran Chi. Namun, jangan mencoba menyelesaikan masalah ini dengan menyembunyikan segala sesuatu di bawah tempat tidur karena ini hanya akan menghalangi energi dan menyebabkan stagnasi dalam hidup Anda.

Singkirkan benda-benda yang Anda simpan di kamar tidur, baik yang terkait dengan pekerjaan maupun semua hal yang ada hubungannya dengan masa lalu, misalnya hadiah dari pasangan Anda terdahulu.

5. Untuk menciptakan suasana hangat dan menyenangkan, cat dinding kamar tidur dengan warna netral, seperti krem atau peach, biru muda, hijau, dan lavender. Warna-warna itu dianggap memberikan energi penyembuhan.

6. Jauhkan kamar tidur dari barang elektronik, seperti televisi dan komputer, serta peralatan olahraga. Sebab,  barang-barang itu cenderung menyerap banyak energi dan dapat mengalihkan perhatian Anda untuk beristirahat atau menikmati momen romantis bersama pasangan.

Begitu pula dengan buku. Meski penempatan beberapa buku juga bisa mendorong energi Zen, tetapi jika Anda memiliki kamar tidur yang penuh dengan buku yang perlu dibaca, maka buku itu juga bisa mengalihkan perhatian Anda untuk beristirahat.

Salah satu solusinya adalah menggunakan layar untuk menyembunyikannya saat Anda tidur.

7. Posisikan tempat tidur sejauh mungkin dari pintu kamar dan hindari posisi garis lurus dengannya. Jangan letakkan ranjang di bawah jendela karena tidak memiliki perlindungan yang seharusnya diperoleh dari dinding kokoh.

Selain itu, bisa menyebabkan tidur Anda tersiksa karena energi yang mengalir masuk dan keluar dari jendela.

8. Letakkan berbagai barang karya seni di kamar tidur atau benda-benda yang menggambarkan babi tanah, sesuai shio tahun 2019.

9. Hindari menempatkan cermin di sisi yang berlawanan, di sebelah, atau di atas tempat tidur. Sebab, hal itu akan memantulkan energi di seluruh ruangan dan tidak memungkinkan Anda untuk menikmati waktu istirahat yang seharusnya menyenangkan.

Sebaliknya, hal itu akan membuat Anda semakin memikirkan masalah dan menimbulkan kekhawatiran.

Cermin di kamar tidur dianggap sebagai akses bagi orang ketiga untuk mengganggu hubungan Anda dengan pasangan.

Satu-satunya cara untuk menghindari ini adalah dengan meletakkan benda-benda hiasan di depan cermin sehingga lebih tertutup ketika Anda tidur.

10. Penerangan adalah faktor yang sangat penting dalam Feng Shui. Pasanglah gorden jendela yang dapat dengan mudah dibuka pada pagi hari untuk memperoleh cahaya matahari dan mudah ditutup pada malam hari untuk membatasi kegelapan dari luar.


Sumber : properti.kompas.com

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua