Spinner Icon

10 Inspirasi Desain Dapur Industrial yang Populer

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 25 September 2024
Table of Contents:

Dapur merupakan salah satu bagian dari rumah yang memiliki peran penting untuk meracik dan menciptakan masakan yang lezat. Sehingga penting bagi kamu untuk menciptakan suasana yang nyaman dan rapi.

Aspek yang dapat menciptakan kenyamanan saat di dapur salah satunya adalah desain interior yang sesuai dengan keinginan dan seleramu. Desain yang banyak digemari salah satunya adalah desain dengan konsep industrial.

Desain industrial memiliki ikon yang unik seperti bata ekspos, pipa, beton, logam, kayu, dan logam. Biasanya desain industrial menggunakan warna monokrom seperti abu-abu, putih, dan hitam.

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa inspirasi desain industrial, simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Kay Takeaways:

  • Desain industrial biasanya banyak digunakan untuk cafe atau restoran, namun kamu bisa menggunakannya untuk area dapur. Dengan menggunakan desain ini, dapur akan terasa nyaman dan simple.

  • Penggunaan desain industrial biasanya menggunakan material dan elemen berbahan unfinished.

  • Desain industrial dapat dikombinasikan dengan berbagai macam material yang dapat menimbulkan kesan yang berbeda. Kamu juga bisa mengkombinasikan desain industrial dengan desain bergaya scandinavia.

Desain Gaya Industrial

Desain Industrial merupakan gaya interior yang terinspirasi dari pabrik industri abad ke-19. Sejarah desain industrial diambil dari pengalaman orang Eropa yang seringkali menggunakan bangunan bekas pabrik terbengkalai.

Umumnya, gaya industrial mencakup elemen arsitektur terbuka, seperti pipa, batu bata, beton, serta desain yang minimalis. Desain ini memberikan kesan hunian setengah jadi atau unfinished. 

Desain ini membiarkan tampilan bangunan tanpa dipoles atau diubah sedikitpun,  sehingga menonjolkan sifat alami berbagai elemen yang menyusun bangunan tersebut.

Seperti namanya, desain interior dengan bangunan industri lebih dominan menggunakan warna seperti abu-abu, putih, hitam, dan coklat. Desain interiornya tidak banyak polesan terutama pola dan bahan peralatan yang digunakan terbuat dari beton, batu bata, dan logam. Baca Juga : 7 Ciri dan Inspirasi Rumah Scandinavian, Elegan!

10 Inspirasi Dapur dengan Desain Industrial

Desain industrial memang memiliki karakteristik yang simple, namun kamu bisa mengkombinasikannya dengan desain unik lainnya. Berikut inspirasi dapur industrial untuk kamu:

  1. Desain Dapur Industrial dengan Menggunakan Material Batu Bata Ekspos

Dinding dapur konsep industrial dapat dibuat dengan batu bata ekspos, kamu dapat mengkombinasikan warna bata merah pada dinding dapur yang menciptakan kesan sederhana tetapi tetap modern kekinian.

Selain itu, kamu bisa mengkombinasikannya dengan meja dapur berwarna putih dan abu-abu. Kamu dapat memilih meja dapur dengan material keramik.

  1. Kombinasi Antara Industrial dengan Scandinavia

Gaya industrial memiliki kesamaan dengan scandinavia, kesamaan ini berupa perabotan yang cenderung sederhana dengan bahan alami seperti kayu.

Dengan adanya kesamaan tersebut, gaya Industrial cocok jika dipadukan dengan gaya skandinavia. Kamu dapat memiliki dapur dengan tampilan khas Industrial yang lebih cerah.

  1. Kombinasi Desain Industrial dengan Gaya Rustic

Desain bergaya rustic biasanya identik dengan kesan yang apa adanya, dapat dilihat dari tampilan perabotan yang ekspos layaknya gaya Industrial.

Oleh karena itu, gaya rustic cocok jika dipadukan dengan desain bergaya Industrial. Hal ini akan memunculkan tampilan yang alami.

  1. Desain Industrial dengan Aksen Meja Cor Unfinished

Salah satu ikon dapur bertema desain industrial yang bisa kamu tambahkan adalah meja dapur cor berwarna abu-abu. 

Desain ini dapat menampilkan kesan unfinished khas dapur ala café kekinian. Kamu bisa menambahkan nuansa kayu untuk memberikan perpaduan yang unik dan alami.

Kamu bisa menggunakan material kayu untuk rak dapur, kabinet, dan bagian-bagian dapur lainnya.

  1. Desain Dapur Industrial Modern


Umumnya desain Industrial memiliki nuansa yang gelap, namun kamu bisa memodifikasi supaya tampak lebih modern dan futuristik. 

Kamu bisa memilih model kitchen set dengan kayu ekspos berwarna coklat terang. Walaupun tetap diberi aksen hitam dan bata ekspos, elemen kayu dapat membuat dapur lebih modern.

  1.  Desain Dapur Industrial Warna Cokelat Pada Meja Makan

Desain industrial memang dominan dengan penggunaan earth tone seperti warna coklat kayu. Penggunaan material kayu untuk meja maupun kursi makan dapat memunculkan kesan alami. 

Kamu bisa menggunakan furnitur kayu yang dilapisi pernis saja dan tidak perlu dicat. Jika ruangan dapur luas, kamu bisa meletakkan meja kayu di bagian tengah dapur. Namun, jika dapur tidak terlalu luas, meja kayu dapat diletakkan dengan model layout L.

  1.  Desain Dapur Industrial Luas

Kamu bisa menggunakan perpaduan warna yang satu ini untuk menimbulkan kesan terang dan hangat. Kombinasi warna putih, abu-abu, dan coklat kayu sangat cocok untuk dikombinasikan. 

Pemilihan rak piring dan peralatan dapur dapat disusun berjajar mengarah jendela kaca yang langsung memperlihatkan area outdoor memberikan kesan dapur yang luas.

  1. Desain Dapur Ala Pabrik dengan Pipa Ekspos

Inspirasi desain yang satu ini perlu kamu coba, pipa ekspos dapat menciptakan kesan yang unik. Elemen utama dari desain dapur yang satu ini adalah penggunaan ekspos pipa kabel lampu pada bagian plafon dan dinding dapur.

Selain itu, kamu bisa menggunakan meja island yang berwarna putih pada permukaannya dan hitam pada kaki-kai meja juga menambah kesan industrial pada desain dapur.

  1. Gunakan Wallpaper Art Paper pada Desain Dapur Industrial

Wallpaper art paper mirip seperti kertas yang lecek, biasanya kertas ini memiliki warna yang buram cocok dipadukan dengan desain dapur gaya Industrial. 

Kesan sederhana dan warna gelap sangat cocok untuk desain Industrial, kedua hal tersebut akan memberikan kesan simpel, maskulin, dan elegan.

  1. Tampilan dengan Keramik pada Dinding

Agar dapur terlihat unik, kamu bisa menggunakan keramik yang bermotif abstrak dan dikombinasikan dengan motif lainnya. Selain itu, kamu bisa menggunakan kitchen set kayu ekspos warna kusam.

Akhir Kata

Itulah tadi 10 inspirasi desain dapur bertema industrial, kamu bisa mengombinasikan desain industrial dengan desain unik lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan detail interior penunjang lainnya.

Untuk mengetahui lebih luas lagi seputar properti, kamu bisa kunjungi website kami di btnproperti.co.id. Kamu bisa mewujudkan dapur impianmu sekaligus mendapatkan tips-tips seputar properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua