Spinner Icon

8 Tips Desain Mushola Rumah Kecil untuk Rumahmu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 28 Agustus 2024
Table of Contents:
  • 3 Tips Membangun Mushola Rumah Minimalis
  • 1. Pilihlah Lokasi yang Tepat
  • 2. Tentukan Ukuran Mushola yang Tepat
  • 3. Gunakan Dekorasi Minimal yang Fungsional
  • 8 Inspirasi Desain Mushola Dalam Rumah Minimalis
  • 1. Desain Mushola dalam Rumah di Bawah Tangga
  • 2. Desain Mushola Menyatu dengan Ruang Tamu
  • 3. Desain Mushola dengan Tempat Wudhu Minimalis
  • 4. Desain Mushola Minimalis dengan Partisi Dinding Roster
  • 5. Desain Mushola Minimalis dengan Material Kayu
  • 6. Desain Mushola Minimalis Dekat Taman Belakang
  • 7. Desain Mushola Minimalis Outdoor di Halaman Rumah
  • 8. Desain Mushola Minimalis di Antara Dua Kamar
  • Kesimpulan

Ibadah merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi keluarga muslim, kamu bisa menambahkan satu ruangan yang bisa digunakan sebagai mushola.

Keberadaan ruangan khusus untuk beribadah akan memudahkan anggota keluarga untuk melaksanakan sholat lima waktu, mengaji, dan belajar ilmu agama bersama-sama menjadi lebih nyaman. Namun, seringkali keterbatasan tempat di rumah membuat pemilik rumah mengurungkan niat untuk membangun mushola dalam rumah, dan melaksanakan ibadah di kamar tidur.

Nyatanya, kamu tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membangun mushola dalam rumah. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan berbagai tips desain mushola dalam rumah kecil yang tidak memerlukan lahan terlalu luas.



3 Tips Membangun Mushola Rumah Minimalis

Sebelum kita menelusuri berbagai desain mushola dalam rumah, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar tidak keliru saat membangun mushola.

Berikut adalah beberapa tips sebelum membangun mushola dalam rumah (Pashouses, 2023).

1. Pilihlah Lokasi yang Tepat

Idealnya letak mushola di dalam rumah berada di lokasi yang mudah dijangkau oleh anggota keluarga. Beberapa pilihan lokasi yang cocok untuk mushola dalam rumah adalah di dalam atau di belakang rumah dekat dengan taman belakang.

Untuk mempermudah kegiatan ibadah, pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat wudhu atau buatlah tempat wudhu khusus di samping mushola jika memungkinkan. Pisahkan antara area wudhu, mushola, dan ruangan lain dengan sebuah partisi agar ibadah terasa lebih nyaman.

2. Tentukan Ukuran Mushola yang Tepat

Selain lokasi yang tepat, kamu juga perlu memerhatikan dengan baik ukuran mushola yang tepat untukmu dan keluarga. Pastikan ukuran mushola dapat menampung seluruh keluarga agar bisa shalat berjamaah.

Jika tidak memungkinkan, kamu dapat menyesuaikan ukuran mushola dengan lahan yang ada. Misalnya, ukuran mushola rumah minimalis untuk satu orang adalah 70 x 140 cm atau lebih sedikit lebar dari ukuran sajadah.

3. Gunakan Dekorasi Minimal yang Fungsional

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah dekorasi. Mushola rumah minimalis biasanya dibangun dengan lahan terbatas, sehingga ukurannya tidak terlalu besar. Sebaiknya kamu memilih peralatan yang diperlukan saja agar mushola tidak terlalu penuh dengan dekorasi.

Kamu dapat meletakkan lemari minimalis atau ladder hanger sebagai tempat penyimpanan peralatan sholat. Kamu juga dapat menggunakan pajangan untuk penghias atau karpet khusus sebagai alas sajadah yang akan menambah estetika ruangan mushola.

Baca juga: Tak Perlu Besar! Tips Buat Rumah Kecil Tapi Mewah


8 Inspirasi Desain Mushola Dalam Rumah Minimalis


Ingin beribadah dengan nyaman dengan memiliki mushola di rumah? Berikut adalah beberapa inspirasi desain mushola rumah minimalis yang dapat kamu tiru.

1. Desain Mushola dalam Rumah di Bawah Tangga

Area bawah tangga umumnya menjadi salah satu tempat kosong yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk dibangun mushola rumah minimalis.

Kamu dapat menghias area bawah tangga agar meningkatkan nuansa seperti mushola, misalnya dengan memasang wallpaper dinding bata putih dan pajangan lafadz Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sebuah lemari kecil di pojok sebagai tempat penyimpanan peralatan sholat.

2. Desain Mushola Menyatu dengan Ruang Tamu

Untuk tetap mematuhi konsep minimalis, kamu dapat memaksimalkan tata ruang yang sudah ada di rumah, misalnya dengan membangun mushola di ruang tamu.

Dengan membangun sebuah bilik kecil, kamu dapat melakukan ibadah dengan tetap menjaga privasi. Pastikan bilik kecil yang kamu bangun masih senada dengan interior rumah.

Salah satu keuntungan membangun mushola di ruang tamu adalah mushola di rumah tidak hanya dapat digunakan oleh anggota keluarga, tetapi juga bagi para tamu yang berkunjung.

3. Desain Mushola dengan Tempat Wudhu Minimalis

Tempat wudhu juga merupakan salah satu elemen penting yang perlu kamu pertimbangkan saat akan membangun mushola. Biasanya, banyak pemilik rumah menggunakan toilet untuk wudhu karena keterbatasan lahan.

Mushola rumah minimalis juga dapat kamu bangun bersamaan dengan tempat wudhu minimalis jika kamu memiliki lahan yang lebih luas. Pada ruangan mushola, kamu dapat membuat sekat tembok di antara area sholat dan tempat wudhu agar tidak membasahi ruang mushola.

4. Desain Mushola Minimalis dengan Partisi Dinding Roster

Salah satu desain mushola rumah minimalis yang paling mudah untuk diaplikasikan adalah dengan menggunakan dinding roster. Dinding roster seringkali dijadikan partisi untuk memisahkan antar ruang, salah satunya sebagai partisi antara ruang lain dengan ruang ibadah.

Dinding roster memudahkan masuknya cahaya dan sirkulasi udara alami, sehingga kamu dapat dengan nyaman beribadah tanpa merasa kepanasan.

5. Desain Mushola Minimalis dengan Material Kayu

Desain mushola rumah minimalis yang satu ini sangat cocok bagi para pemilik rumah dengan dominasi material kayu. Material kayu dapat membuat mushola terasa lebih nyaman dan adem.

Lantai kayu parket adalah pilihan yang cocok untuk area mushola di rumah, karena tidak licin dan tidak mudah terpeleset setelah berwudhu. Kamu dapat menerapkan gaya Jepang yang minim dekorasi dan minimalis sehingga ruang mushola lebih nyaman. Gunakan dekorasi lukisan atau lafadz Allah SWT untuk mempercantik ruangan mushola.

6. Desain Mushola Minimalis Dekat Taman Belakang

Jika kamu memiliki sudut rumah yang lowong, kamu dapat memanfaatkannya untuk membuat area khusus sholat yang sederhana. Desain mushola minimalis yang satu ini tidak memerlukan partisi, dimana kamu dapat menggunakan area dekat taman belakang rumah untuk dibangun mushola kecil.

Dengan membangunnya di taman belakang rumah, kamu dapat memperoleh pengalaman beribadah yang lebih nyaman karena nuansa taman yang damai dan asri. Gunakan sebuah karpet bulu sebagai alas untuk sajadah, maka kamu sudah mendapatkan sebuah tempat beribadah yang nyaman dan minimalis.

Kamu juga dapat menghias ruang mushola ini dengan berbagai dekorasi, seperti meja kecil, kursi anyaman, dan bantal-bantal cantik.

7. Desain Mushola Minimalis Outdoor di Halaman Rumah

Jika kamu memiliki lahan di halaman rumah, kamu dapat membuat ruang mushola rumah minimalis dengan konsep terbuka. Mushola outdoor akan memberikan nuansa sejuk nan damai saat sedang beribadah.

Agar ibadah semakin nyaman, kamu dapat menyediakan juga tempat wudhu di dekat mushola.

8. Desain Mushola Minimalis di Antara Dua Kamar

Ide desain mushola rumah minimalis terakhir adalah dengan membangun mushola minimalis di antara dua kamar tidur. Desain mushola rumah minimalis yang satu ini mudah dijangkau karena dekat dengan kamar tidur.

Kamu juga dapat membuat mushola semakin nyaman karena areanya berdekatan dengan toilet. Tambahkan dekorasi berupa rak gantung untuk menyimpan peralatan sholat, serta pajangan lafadz Allah SWT.

Baca juga: 6 Desain Teras Rumah Kecil Yang Bisa Kamu Gunakan


Kesimpulan

Demikian berbagai tips desain mushola dalam rumah minimalis yang dapat kami bagikan. Ingatlah untuk memilih dengan baik desain mushola yang paling tepat untukmu dan keluarga. Pastikan kamu memilih desain mushola yang menawarkan kenyamanan saat beribadah.

Jika kamu tertarik untuk membaca informasi bermanfaat seputar properti lainnya, kunjungi website kami di btnproperti.co.id. Melalui website kami, kamu dapat memperoleh informasi seputar tips-tips properti, inspirasi desain properti, KPR (Kredit Pemilikan Rumah), dan masih banyak lagi.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua