Spinner Icon

Simak 5 Inspirasi Desain Rumah Hook di Sini!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 21 Juli 2024
Table of Contents:

Apakah kamu memiliki tipe rumah idaman secara spesifik? Misalnya seperti ingin membangun rumah hook yang memiliki dua sisi terbuka. Rumah hook memang sering menjadi tipe rumah incaran banyak orang karena desainnya yang unik dan terkesan megah. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai definisi rumah hook, apa saja yang harus diperhatikan agar rumah hook nyaman untuk ditinggali, serta inspirasi desain rumah hook yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, simak tuntas penjelasan di bawah ini.


Key Takeaways:

  • Rumah hook adalah jenis rumah yang mempunyai dua sisi eksterior yang berhadapan langsung dengan jalan atau ruang terbuka.
  • Desainnya yang unik membuat banyak orang menyukai jenis rumah yang satu ini.
  • Beberapa desain rumah hook yang bisa kamu jadikan referensi adalah desain rumah hook natural dengan menggunakan material kayu, desain kontemporer, desain klasik, desain rumah Scandinavian, dan desain rumah hook menyerupai kastil.

Apa Itu Rumah Hook?

Dilansir dari Lamudi, rumah hook adalah suatu jenis rumah yang mempunyai dua sisi yang berhadapan langsung dengan jalan atau ruang terbuka. Rumah hook mempunyai ciri khas yaitu letaknya yang berada di sudut blok atau perumahan, sehingga memiliki dua sisi eksterior yang dapat diakses dan terlihat. Desain rumah sudut yang unik ini membuatnya menjadi digandrungi oleh banyak orang karena memberikan tampilan yang lebih luas dan memiliki keleluasaan dalam penataan taman atau halaman belakang.

Namun, di samping kelebihan yang dimilikinya, rumah hook juga memiliki beberapa kekurangan. Seperti potensi kebisingan dari dua sisi jalan atau gang yang berdekatan. Selain itu, aspek keamanan dan privasi pun harus lebih ditingkatkan lagi keamanannya. Meskipun begitu, rumah hook tetap bisa menjadi pilihan yang baik tergantung dengan referensi masing-masing individu.


4 Tips Mendesain Rumah Hook agar Nyaman Ditempati

Salah satu keunggulan yang dimiliki rumah hook adalah posisinya yang tepat di ujung jalan sehingga membuatnya memiliki lahan yang lebih luas daripada rumah yang dihimpit hunian lainnya. Posisi rumah hook yang menguntungkan ini akan sia-sia jika kamu tidak mendesainnya dengan tepat. Oleh karena itu, berdasarkan Archify, inilah 4 tips mendesain rumah hook agar hasilnya maksimal.

1. Sumber Cahaya yang Optimal

Posisi rumah hook yang berada di ujung blok dan tidak dihimpit oleh rumah lainnya membuat lebih banyak sisi rumah yang terkena oleh sinar matahari. Bila hal ini dimaksimalkan, kamu bisa menghemat biaya untuk pengeluaran listrik di rumah dengan menambah jumlah bukaan atau jendela. Pastikan bukaan atau jendela menghindari sisi barat karena akan membuat rumah menjadi panas.

Bila hal tersebut tidak memungkinkan, kamu bisa melakukan hal lain seperti menambah secondary skin, tritisan yang panjang, atau menanam pohon. Selain mengurangi panas di dalam rumah, secondary skin dan pohon juga bisa membantu mengurangi debu yang masuk.

2. Lahan Luas untuk Menanam Pohon

Keunggulan rumah hook lainnya yang menonjol adalah lahannya yang lebih luas dan terbuka. Hal ini membuat kamu lebih mudah untuk menyiapkan area sebagai ruang hijau. Dengan adanya area yang dijadikan sebagai taman, kamu bisa menanam tanaman yang dapat mengurangi bising akibat posisi rumah hook yang berada di persimpangan jalan.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membangun taman, pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan lainnya seperti lahan parkir dan akses masuk ke rumah. Setelah itu, barulah kamu bisa menggunakan sisa lahan yang ada untuk menanam berbagai jenis tanaman.

3. Akses Masuk yang Leluasa

Posisi rumah hook yang berada tepat di persimpangan jalan membuat akses masuk ke rumah menjadi lebih leluasa. Kamu bisa mengatur pintu masuk khusus mobil, tamu, dan lainnya secara mudah. Namun, perlu diingat mudahnya akses masuk ke rumah ini juga memiliki risikonya sendiri. Kamu harus meningkatkan keamanan rumah dengan baik, misalnya dengan memasang CCTV. Tentukan titik-titik pintu masuk yang sekiranya tetap bisa terkontrol untuk menghindari tamu yang tidak diundang masuk ke rumah. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan desain pagar dengan desain fasad rumah agar tampilannya tetap serasi.

4. Estetika Rumah yang Terlihat dari Segala Sisi

Tampilan rumah hook yang memungkinkan dilihat dari segala sisi membuat desainnya dibuat lebih menarik dibanding biasanya. Pastikan untuk menata berbagai elemen seperti pintu, jendela, dinding, hingga pencahayaan matahari agar tampilan rumah serasi. Tak lupa untuk desain denah rumah seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sebagainya juga disesuaikan dengan tampilan luar rumah. Mintalah bantuan tenaga profesional untuk memastikan desain rumah hook kamu terlihat cantik dan berfungsi dengan baik sesuai dengan poin-poin yang telah disampaikan sebelumnya.


5 Inspirasi Desain Rumah Hook


Ingin membangun rumah hook tapi bingung akan desainnya? Desain di bawah ini bisa kamu aplikasikan baik untuk desain rumah hook 2 lantai atau desain rumah hook 1 lantai. Berikut adalah 5 inspirasi desain rumah hook yang dikutip dari Casa De Ramos dan bisa kamu jadikan referensi.

1. Rumah Hook Natural

Bagi kamu yang suka desain rumah dengan kesan sejuk dan asri, mungkin desain yang satu ini akan cocok untuk kamu. Kamu bisa mengaplikasikan cat warna putih pada dinding dan menggunakan material kayu atau batu alam untuk area fasad rumah. Untuk memanfaatkan lahan luas dari rumah hook, kamu juga bisa membuat taman dengan menanam berbagai jenis tanaman untuk mendukung kesan natural dan rumah minimalis.

2. Rumah Hook Menyerupai Kastil

Desain rumah modern yang menyerupai kastil sangat cocok untuk rumah hook karena menampilkan kemegahan dari dua sisi rumah yang terlihat. Agar membuat tampilan rumah menjadi semakin mirip dengan kastil, kamu bisa mengaplikasikan tiang-tiang besar yang membentuk seperti lorong. Selain itu, kamu juga bisa mengkombinasikan dengan layout interior kotak-kotak atau simetris untuk menampilkan kesan modern.

3. Rumah Hook Scandinavian

Salah satu desain menarik yang bisa kamu aplikasikan pada rumah hook adalah model rumah Scandinavian. Model rumah minimalis modern ini banyak menggunakan warna-warna netral untuk dinding rumah dan menggunakan material kayu di area fasadnya. Kamu juga bisa mengaplikasikan atap yang datar untuk menampilkan kesan rumah yang sederhana tapi tetap elegan. Jika kamu memiliki sisa lahan di luar rumah, kamu bisa membuat area taman agar lingkungan rumah menjadi lebih asri.

4. Rumah Hook Gaya Kontemporer

Untuk mendapat desain hunian yang unik dan tidak monoton, kamu bisa mencoba desain gaya kontemporer yang satu ini. Desain ini bersifat timeless sehingga dari waktu ke waktu akan selalu terlihat menarik dan tidak ketinggalan zaman. Untuk mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, kamu bisa memasang jendela berukuran besar. Dengan begitu, sirkulasi udara akan terjaga dengan baik dan akan mendapat paparan cahaya alami dari sinar matahari.

5. Rumah Hook Klasik

Desain klasik akan selalu menjadi salah satu desain yang disenangi banyak orang. Desain ini juga cocok jika diaplikasikan pada rumah hook karena bisa membuat tampilan rumah terlihat mewah dan megah, khususnya di area fasad. Gaya klasik ini dapat dimaksimalkan melalui penggunaan plafon yang tinggi, jendela berukuran besar, dan warna cat dinding yang dominan putih.


Kelebihan dan Kekurangan Rumah Hook

Sebelum memutuskan untuk membeli atau membangun rumah hook, yuk ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Dilansir dari Lamudi, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari rumah hook.

Kelebihan rumah hook yang bisa kamu dapatkan:

1. Tampilan yang Luas dan Terbuka

Rumah hook cenderung menampilkan kesan yang lebih luas karena memiliki dua sisi interior. Desain ini membuat rumah terlihat lebih terbuka dan lapang.

2. Penyusunan Taman atau Halaman yang Fleksibel

Adanya dua sisi eksterior dari rumah hook akan memberikan kamu kebebasan dalam menata taman atau halaman belakang. Kamu bisa menyesuaikan desain area luar rumah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

3. Mendapat Pencahayaan dan Sirkulasi Udara yang Optimal

Dengan dua sisi rumah yang terbuka, rumah hook dapat memaksimalkan pencahayaan alami dari sinar matahari dan sirkulasi udara yang baik. Hal ini dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan menghemat energi.

4. Potensi Nilai Investasi yang Tinggi

Seperti yang kamu tahu, rumah adalah salah satu produk investasi yang menguntungkan. Beberapa pasar properti mengakui daya tarik visual dan fungsional dari rumah hook. Hal ini berpotensi meningkatkan nilai investasi properti tersebut seiring berjalannya waktu.


Kekurangan rumah hook yang perlu diperhatikan:

1. Kebisingan dari Dua Sisi Jalan

Karena posisi rumah hook berada di sudut blok dan persis di persimpangan jalan, hal ini dapat menyebabkan adanya kebisingan dari dua sisi jalan yang berdekatan. Dengan begitu, kenyamanan bagi orang yang tinggal di dalamnya bisa saja terganggu.

2. Privasi yang Terganggu

Privasi yang terganggu ini dapat disebabkan karena rumah hook memiliki dua sisi eksterior yang dapat diakses atau dilihat oleh orang yang melintas. Kamu mungkin perlu mengambil beberapa tindakan untuk meningkatkan keamanan rumah dan menjaga privasi seperti menggunakan pagar yang tinggi, atau menanam pohon yang tinggi untuk menghalau pandangan mereka.

3. Potensi Biaya Perawatan yang Lebih Tinggi

Adanya dua sisi eksterior berarti akan ada lebih banyak area yang memerlukan perawatan. Kamu mungkin perlu menghabiskan banyak tenaga dan biaya untuk merawat taman, halaman, atau fasad rumah.

4. Harga Lebih Mahal

Walaupun bisa dijadikan aset investasi yang menjanjikan, perlu diingat sebelumnya bahwa harga rumah hook ini memang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah lainnya.

Baca juga: Kupas Inspirasi Desain untuk Rumah Hook!


Wujudkan Rumah Impianmu dengan BTN Properti

Memiliki hunian pribadi adalah impian semua orang. Terlebih jika bisa membangun atau membeli rumah dengan tipe yang disukai. Jika kamu memiliki rumah hook, namun bingung untuk mendesain atau memanfaatkan lahan, kamu bisa menggunakan fitur Jasa Profesional di BTN Properti.

Jasa profesional akan membantu kamu mendekorasi dan membangun rumah impian yang kamu inginkan. Tunggu apalagi? Yuk kunjungi website resmi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua