Spinner Icon

5 Inspirasi Desain Rumah Tusuk Sate untuk Rumahmu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 31 Juli 2024
Table of Contents:
  • Apa Itu Rumah Tusuk Sate?
  • Mitos Seputar Rumah Tusuk Sate
  • 1. Membawa nasib buruk
  • 2. Keluarga kurang harmonis
  • 3. Rentan terkena penyakit
  • 4. Risiko kecelakaan lebih tinggi
  • Keuntungan Rumah Tusuk Sate
  • 1. Harga lebih murah
  • 2. Strategis dijadikan tempat usaha
  • 3. Sirkulasi udara baik
  • 4. Suasana lingkungan yang kondusif
  • 5. Memiliki lahan yang lebih luas
  • Tips Jika Memiliki Rumah Model Tusuk Sate
  • 1. Menanam pohon yang kuat dan besar di depan rumah
  • 2. Memberikan penerangan yang cukup
  • 3. Bangun pagar yang kokoh
  • 5 Desain Rumah Tusuk Sate yang Unik dan Menarik
  • 1. Eksterior rumah tusuk sate
  • 2. Ruang tamu yang menawan
  • 3. Dapur yang modern dan fungsional
  • 4. Kamar tidur yang nyaman
  • 5. Kamar mandi yang mewah
  • Desain Rumah Kamu dengan Jasa Profesional dari BTN Properti

Apakah kamu pernah mendengar rumah tusuk sate? Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing dengan istilah rumah tusuk sate. Dalam memilih rumah, seringkali terdapat mitos-mitos unik, salah satunya adalah mengenai kepercayaan mengenai rumah model tusuk sate. Sebenarnya apa itu rumah tusuk sate? Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai definisi rumah tusuk sate, mitos rumah tusuk sate, inspirasi desain rumah tusuk sate yang bisa kamu jadikan referensi, serta kelebihan dan kekurangan rumah tusuk sate.   


Key Takeaways:

  • Rumah tusuk sate adalah rumah yang terletak di ujung persimpangan atau ujung jalan lurus tanpa belokan.
  • Rumah tusuk sate memiliki banyak mitos, salah satunya adalah dapat membawa nasib buruk pada penghuninya.
  • Beberapa cara dapat dilakukan untuk membuat rumah tusuk sate menjadi lebih menarik, yaitu dengan menciptakan eksterior yang berbentuk tajam dan lancip, menggunakan furnitur berbahan kayu atau batu alam, dan mengatur pencahayaan menjadi lebih indah dan menenangkan.

Apa Itu Rumah Tusuk Sate?

Menurut RRI, rumah model tusuk sate merujuk pada rumah yang terletak di ujung persimpangan atau ujung jalan lurus tanpa belokan. Banyak pakar feng shui menyebut sudut tajam ini sebagai “panah beracun”. Jika kamu memiliki sensitivitas terhadap perubahan energi, mungkin kamu akan merasakan energi tajam yang masuk ke dalam rumahmu dan dapat membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah.

Menurut feng shui, rumah tusuk sate memiliki aliran chi yang sangat kuat, yang jika tidak dikelola dengan baik, dapat merusak keseimbangan. Analogi yang sering digunakan adalah bahwa energi ini mirip dengan aliran angin yang masuk ke dalam lorong. Dilansir dari Tempo, rumah tusuk sate dianggap sebagai masalah yang berkaitan dengan individu dan lokasi. 

Mungkin beberapa orang merasa konsep ini tidak masuk akal. Namun, bisa digambarkan dengan contoh kendaraan yang memerlukan jarak berhenti yang tepat. Jika kendaraan yang melaju terlalu cepat pada persimpangan dan tidak dapat berhenti dalam jarak yang cukup, kendaraan dapat menabrak ujung jalan. Hal ini dapat dijelaskan dengan prinsip fisika bahwa massa besar memerlukan energi yang lebih banyak untuk berhenti.


Mitos Seputar Rumah Tusuk Sate

Dikutip dari Media Indonesia, rumah tusuk sate memiliki beberapa mitos, di antaranya adalah:

1. Membawa nasib buruk

Walaupun rumah model tusuk sate mempunyai harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah model lainnya, banyak orang memilih untuk menghindari rumah model tusuk sate karena dianggap membawa aura negatif. Rumah ini dianggap dapat membawa nasib buruk bagi penghuninya. Mitos ini mengklaim bahwa keluarga yang tinggal di rumah model tusuk sate akan kesulitan mendapatkan pekerjaan atau menghambat rezeki.

2. Keluarga kurang harmonis

Mitos lainnya adalah tentang ketidakharmonisan dalam keluarga yang tinggal di rumah model tusuk sate. Di dalam rumah ini, sering terjadi pertengkaran dan memiliki suasana panas. Ketidakharmonisan ini mungkin bisa dijelaskan secara ilmiah. Lokasi rumah tusuk sate yang terbuka di jalan, dapat menyebabkan cahaya matahari masuk ke rumah dengan mudah. Hal ini dapat membuat penghuninya merasa tidak nyaman dan berpotensi memicu terjadinya pertengkaran.

3. Rentan terkena penyakit

Salah satu mitos yang membuat rumah ini ditakuti adalah kepercayaan bahwa penghuni rumah tusuk sate akan rentan terkena penyakit. Aliran angin yang lebih tinggi dan pancaran sinar matahari yang terus menerus dipercaya menjadi alasan terkait mitos ini.

4. Risiko kecelakaan lebih tinggi

Orang yang tinggal di rumah model tusuk sate diyakini lebih berisiko mengalami kecelakaan. Menurut logika, rumah yang berada di ujung persimpangan memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kecelakaan. Kendaraan yang gagal mengendalikan laju saat berbelok dapat melewati jalan dan menabrak rumah. Risiko keamanan inilah yang sering kali membuat orang enggan untuk membangun atau membeli rumah dengan model tusuk sate.

Baca juga: Kupas Tuntas Mitos Rumah Tusuk Sate di Sini!


Keuntungan Rumah Tusuk Sate

Walaupun banyak yang menganggap rumah dengan posisi tusuk sate sebagai pembawa sial, namun ada juga keuntungan yang bisa didapat dari posisi rumah tusuk sate. Dikutip dari Linktown, berikut ini adalah keuntungan memiliki rumah dengan posisi tusuk sate.

1. Harga lebih murah

Karena banyak mitos buruk yang mengiringi rumah ini, maka peminatnya pun tidak banyak. Oleh karena itu, harga rumah ini pun tidak terlalu tinggi.

2. Strategis dijadikan tempat usaha

Posisi tusuk sate ini merupakan tempat strategis untuk mendirikan usaha. Rumah yang berada di ujung jalan pastinya dapat dilihat dari segala sisi. Hal ini menguntungkan untuk dijadikan tempat strategis memulai usaha.

3. Sirkulasi udara baik

Posisi rumah yang berada di ujung jalan tanpa penghalang pastinya memudahkan udara untuk masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, sirkulasi udara akan lebih baik, Tetapi, perlu juga untuk menambahkan filter udara pada rumah agar debu-debu juga tidak ikut masuk.

4. Suasana lingkungan yang kondusif

Jalanan yang berakhir di depan rumah tidak hanya menambah privasi, tetapi juga membuat suasana menjadi lebih tenang dan tenteram. Dengan akses terbatas bagi orang-orang yang melewati rumah, frekuensi gangguan dari lalu lintas atau kebisingan luar dapat dikurangi secara signifikan. Penghuni dapat menikmati keuntungan dari suasana yang lebih santai dan bebas dari gangguan eksternal yang tidak diinginkan.

5. Memiliki lahan yang lebih luas

Lokasi rumah yang mengikuti lebar badan jalan pastinya memiliki lahan yang lebih luas dibandingkan dengan rumah-rumah lainnya. Lahan yang luas pastinya memberikan keuntungan tersendiri bagi pemiliknya.


Tips Jika Memiliki Rumah Model Tusuk Sate


Dilansir dari RRI, ada beberapa tips untuk kamu yang ingin memiliki rumah dengan tipe ini, yaitu:

1. Menanam pohon yang kuat dan besar di depan rumah

Elemen kayu yang ada pada pohon dipercaya memiliki kemampuan melindungi rumah dari energy negatif dari luar. Menanam pohon yang kuat dapat membantu melindungi rumah dari panas matahari dan mencegah kendaraan menabrak rumah.

2. Memberikan penerangan yang cukup

Memilih warna cat yang cerah untuk rumah bukan hanya tentang keindahan, tetapi juga tentang keselamatan. Warna-warna cerah seperti putih, kuning, atau oranye dapat membuat rumah lebih mudah terlihat oleh pengemudi yang melintas, terutama saat jalanan gelap atau cuaca sedang buruk. Selain memilih warna cat yang cerah, pemasangan penerangan ekstra di luar rumah dapat dilakukan agar rumah dapat terlihat jelas pada malam hari.

3. Bangun pagar yang kokoh

Selain kayu, elemen batu juga diyakini dapat menghalau energi negatif, Dalam ilmu feng shui, penggunaan batu dalam arsitektur dipercaya dapat membentuk pertahanan alami yang melindungi rumah dari energy yang tidak diinginkan. Pemilihan batu atau beton sebagai materi pembangunan pagar juga memiliki keunggulan dalam hal daya tahan dan keandalan. Struktur yang kuat dan kokoh akan menahan tekanan dari luar, sehingga mengurangi risiko kecelakaan atau kerusakan pada bangunan. 


5 Desain Rumah Tusuk Sate yang Unik dan Menarik

Rumah tusuk sate adalah gaya desain rumah yang terinspirasi oleh bentuk dan tampilan tusuk sate. Konsep ini menggabungkan elemen-elemen tradisional dengan sentuhan modern, menciptakan ruang yang unik dan memikat. Desain telah membahas secara rinci tentang desain rumah tusuk sate, mencakup segala hal mulai dari tampilan eksterior hingga interior yang menakjubkan.

1. Eksterior rumah tusuk sate

Eksterior rumah dapat dibentuk dengan atap yang menyerupai tusuk sate, yaitu atap dengan bentuk tajam dan lancip. Desain ini dapat memberikan kesan yang unik dan berbeda dari rumah-rumah pada umumnya. Untuk menciptakan tampilan yang menarik, eksterior rumah dapat diberikan warna-warna yang kontras untuk menonjolkan bentuk rumah tusuk sate, seperti kombinasi antara putih dan hitam atau putih dan merah.

2. Ruang tamu yang menawan

Dalam desain rumah tusuk sate, ruang tamu bisa menjadi pusat perhatian dengan pengaturan yang menawan. Kamu dapat memilih furnitur dengan desain yang unik dan berbeda, seperti sofa dengan bantal berbentuk segitiga atau meja kopi dengan kaki yang menyerupai tusuk sate. Dekorasi dinding juga dapat memperkuat tampilan menawan dalam ruang tamu rumah tusuk sate. Kamu dapat menggunakan wallpaper atau memasang lukisan dengan tema tradisional.

3. Dapur yang modern dan fungsional

Dapur adalah area di rumah yang sering digunakan dan perlu dirancang dengan baik. Desain tata letak dapur dapat menggunakan konsep triangle kitchen, yaitu area memasak, mencuci dan menyimpan bahan makanan berada dalam jarak yang dekat. Pemilihan peralatan dapur dengan desain minimalis dan ergonomis seperti kompor gas dengan desain tajam dan lancip atau lemari es dengan tampilan yang elegan dapat memberikan kesan yang bersih dan modern. Pilihlah warna-warna yang cerah dan segar untuk memberikan kesan yang ceria pada dapur.

4. Kamar tidur yang nyaman

Dalam desain rumah tusuk sate, kamar tidur dapat dirancang dengan sentuhan tradisional dan modern yang menciptakan suasana yang nyaman dan tenang. Pilihlah tempat tidur dengan desain yang unik dan menarik. Pemilihan warna dinding juga dapat memengaruhi suasana dalam kamar tidur. Pilihlah warna-warna yang lembut dan menenangkan, seperti biru muda atau coklat pastel. Kamu juga bisa menggunakan wallpaper dengan motif tradisional.

5. Kamar mandi yang mewah

Pemilihan bahan dalam desain kamar mandi dapat menggunakan bahan seperti marmer, granit atau batu alam untuk lantai dinding kamar mandi sehingga dapat menciptakan tampilan yang mewah dan elegan. Untuk menciptakan kamar mandi yang fungsional dan nyaman, kamu dapat menempatkan wastafel, toilet, dan shower dalam jarak yang mudah dijangkau. Pencahayaan yang indah dapat menciptakan suasana yang mewah dan rileks. Gunakan lampu gantung atau lampu dinding dengan desain yang elegan dan memiliki efek pencahayaan yang menarik.

Baca juga: Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rumah Tusuk Sate


Desain Rumah Kamu dengan Jasa Profesional dari BTN Properti

Di samping mitos-mitos yang beredar mengenai rumah tusuk sate, terdapat pula kelebihan dari desain rumah satu ini. Jika kamu sudah mulai berencana untuk membangun rumah pribadi, BTN Properti memiliki fitur yang bisa membantu kamu untuk membangun rumah impian dengan bantuan dari jasa profesional. Yuk, kunjungi website resmi kami di link ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua