Spinner Icon

Desain Tangga Loteng

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 24 September 2024
Table of Contents:

Desain interior rumah tidak hanya mencakup pemilihan warna cat dinding atau jenis furnitur, tetapi juga elemen struktural yang sering terlupakan, seperti tangga loteng. Tangga loteng tidak hanya berfungsi sebagai akses ke ruang atas, tetapi juga dapat menjadi elemen dekoratif yang memperindah ruangan. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan berbagai desain tangga loteng yang praktis dan estetik, serta tips untuk memilih desain yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya rumahmu.

Dengan menggabungkan unsur praktis dan estetika, tangga loteng bisa menjadi solusi cerdas untuk mengoptimalkan ruang dan menambahkan sentuhan artistik dalam rumahmu. Mari telusuri berbagai inspirasi desain yang dapat membantu kamu mewujudkan tangga loteng impian melalui artikel berikut ini.

Key Takeaways:

  • Tangga loteng tidak hanya berfungsi sebagai akses ke ruang atas, tetapi juga dapat menjadi elemen dekoratif yang memperindah ruangan.

  • Meskipun memiliki ruang yang terbatas, kamu juga bisa membangun tangga loteng dengan desain tangga lipat.

  • Tangga spiral atau yang sering disebut tangga putar cocok untuk rumah minimalis.

Inspirasi Desain Tangga Loteng

Dikutip dari website shopee.co.id, yang membahas berbagai inspirasi rumah, berikut ini beberapa desain tangga loteng yang estetik:

Tangga Lipat

Meskipun memiliki ruang yang terbatas, kamu juga bisa membangun tangga loteng dengan desain tangga lipat. Tangga lipat cocok bagi kamu yang sering menggunakan tangga pada ruang yang sempit.

Umumnya, cara penggunaan tangga lipat cukup mudah. Kamu hanya perlu menarik keluar anak tangga ketika dibutuhkan dan lipat kembali setelah selesai digunakan. Desain yang satu ini sangat praktis untuk digunakan.

Tangga Spiral

Tangga spiral atau yang sering disebut tangga putar cocok untuk rumah minimalis. Dengan bentuk yang kecil dan ramping, tangga spiral dapat fleksibel digunakan dimana saja. Untuk memaksimalkan keamanan dalam mengaksesnya, kamu perlu menambahkan railing yang kokoh.

Tangga Letter "L"

Bosan dengan desain tangga loteng yang lurus biasa saja? Desain tangga letter "L" bisa menjadi alternatifmu. Desain ini tidak hanya membuat ruang terasa lebih luas, tetapi juga menambahkan kesan estetika dan keunikan pada ruangan.

Tangga Letter "U"

Selain tangga letter "L", juga terdapat tangga letter "U" yang tidak kalah populer. Bentuk tangga ini seperti namanya yaitu menyerupai huruf U dengan bagian berkelok 180° dan bordes yang lebih besar. Kamu bisa memanfaatkan ruang tersisa di bagian bawah tangga untuk kamar mandi, gudang, atau bahkan taman indoor, sehingga rumah tampak fungsional.

Tangga Melayang

Dikutip dari dekoruma.com, penyedia kebutuhan furnitur dan sekitar dekorasi rumah, desain tangga melayang dapat menjadi alternatif jika kamu ingin memberikan kesan modern dan terbuka. Desain ini bisa diciptakan dengan kerangka yang tertanam di dinding rumah, tangga ini terlihat melayang dengan estetik tanpa adanya penyangga yang terlihat.

Tangga melayang juga cocok untuk kamu gunakan di rumah minimalis karena membuat ruangan terlihat lebih lapang. Akan tetapi, desain ini tidak cocok untuk anak kecil karena tidak adanya pegangan pada sisi tangga (Kania Dekoruma, 2019).

Tangga Gantung

Dengan konsep serupa seperti tangga melayang, tangga gantung menggunakan tiang besi pada ujung anak tangga untuk menopang. Desain tangga gantung memberikan tampilan yang lebih aman dan stabil dibanding tangga melayang. Oleh karena itu, desain ini cocok untuk keluarga dengan anak kecil. Ditambah lagi, tangga gantung umumnya menggunakan material kayu dan besi sehinga terkesan lebih modern dan kuat.

Tangga dengan Variasi Material

Selanjutnya, desain yang tidak kalah populer yaitu tangga dengan perpaduan berbagai material. Desain ini tampil estetik dan praktis dengan aksen kayu pada bagian tengah anak tangga. Kamu bisa menambahkan dekorasi berupa karpet yang mudah diganti sehingga tidak merusak struktur tangga.

Tangga dengan Anak Tangga Bertingkat

Bosan dengan desain tangga yang monoton? Kamu dapat menggunakan desain anak tangga bertingkat dengan bentuk tidak beraturan. Memiliki tampilan unik dan menarik, membuat desain ini disukai oleh sebagian orang. Gaya desaintangga loteng ini juga mampu menciptakan visual yang dinamis dalam ruangan sehingga dapat menjadi pusat perhatian pada interior rumah minimalis.

Tangga Kaca

Desain tangga loteng yang estetik dan praktis selanjutnya yaitu tangga kaca. Gaya ini dibuat dengan material kaca bening sehingga membuat tangga terlihat seperti melayang. Kamu juga bisa menggunakan lampu LED pada sisi kanan tangga untuk menambahkan kesan futuristik yang elegan sehingga rumah akan tampil menawan.

Tangga Ruang Penyimpanan

Selain berfungsi sebagai penghubung antara dua lantai, kamu juga bisa membuat tangga sebagai elemen desain yang menarik dan fungsional. Banyak desain tangga loteng yang juga digunakan sebagai rak penyimpanan buku.

Melalui desain ini kamu bisa menyimpan barang dengan praktis dan tertata rapi, sehingga penggunaan ruang akan telrihat maksimal. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai gudang fungsional.

Tangga Lurus

Desain tangga dengan berbagai bentuk huruf dapat memakan banyak ruang. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan desain tangga rumah sempit yang lurus. Tangga ini memiliki tampilan yang sekilas mirip dengan tangga bambu dan tangga lipat, hanya saja penggunaan material kayu dan tepian yang dipoles dengan cat membuat tangga lurus tampil berbeda.

Tangga lurus cocok digunakan oleh penghuni rumah dengan anggota keluarga yang dewasa dan masih prima karena tidak dilengkapi dengan handrailing. Penggunaan desain tangga loteng ini dapat membuat rumah terlihat elegan, minimalis, serta efisien (Namira Faza, n.d.). Baca Juga : 5 Ide Desain Tangga Industrial Inspiratif

Akhir Kata

Itu dia deretan inspirasi tangga loteng yang bisa kamu gunakan. Pastikan untuk memilih desain dengan tepat karena setiap rumah memiliki karakteristik yang berbeda. Penggunaan tangga loteng juga bisa memberikan nilai tambah pada rumah sehingga rumah tampak modern, estetik, dan praktis.

Tertarik membaca artikel serupa? Kunjungi link berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua