Spinner Icon

Mengenal Jenis-jenis Sofa untuk Hunian Nyaman & Stylish

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 29 September 2024
Table of Contents:


Sumber: pixabay

Sofa merupakan salah satu elemen interior yang berguna sebagai pelengkap rumah, kamu dapat menggunakannya untuk bersantai bersama keluarga dan menikmati waktu senggang. Sebelum memilih sofa untuk ruangan, ada baiknya kamu mempertimbangkan kenyamanan dan juga penampilan yang estetikanya.

Kamu bisa menyesuaikan warna sofa dengan tema ruangan yang ada, mulai dari warna yang gelap hingga warna yang cerah. Tidak hanya itu, memilih jenis bahan pelapis sofa juga penting untuk investasi jangka panjang.

Bahan pelapis sofa memiliki peran yang penting untuk melindungi bagian dalam sofa agar lebih awet. Kamu bisa memilih bahan yang berkualitas, tahan lama, dan tentunya nyaman untuk digunakan. Banyak pilihan mulai dari bahan kombinasi, sintesis, hingga berbahan alami.

Apakah kamu tahu bawa sofa memiliki jenis dan kegunaan yang berbeda-beda?. Untuk mengetahui lebih banyak tentang sofa, mari simak artikel berikut

Key Takeaways:

  • Pemilihan sofa sangat penting untuk menunjang kenyamanan saat bersantai, tidak hanya berdasarkan penampilan estetikanya saja.

  • Terdapat berbagai macam jenis sofa seperti sofa bed, sofa loveseat, sofa tuxedo, sofa sectional, dan jenis-jenis lainnya.

  • Salah satu hal yang penting dalam memilih sofa adalah memperhatikan bahan pelapis sofa.

Pentingnya Memilih Sofa yang Nyaman

Sofa merupakan perabotan yang biasanya digunakan di ruang keluarga, ruang tamu, atau ruang lainnya. Sofa menjadi pelengkap yang cocok untuk bersantai menikmati waktu bersama pasangan, anak, atau kerabat lainnya. Oleh karena itu, penting memilih sofa yang fungsional namun tetap menunjang kenyamanan.

Penting untuk Beristirahat dan Menunjang Berbagai Aktivitas

Secara umum sofa digunakan untuk mengisi ruang keluarga atau ruang tamu atau ruang tv Biasanya digunakan untuk menunjang aktivitas dimana penghuni cenderung duduk santai atau bercengkrama.

Pada ruang tamu, biasanya menggunakan jenis sofa set yang berfungsi untuk menyambut tamu yang datang ke rumah. Sedangkan untuk ruang keluarga, menggunakan jenis sofa dua dudukan atau sofa tiga dudukan biasa digunakan untuk bersantai dan menonton TV atau berkumpul dengan sanak keluarga.

Kamu juga bisa menggunakan sofa seperti di ruang baca atau ruang kerja, atau di teras belakang rumah untuk bersantai menikmati kopi di sore hari 

Menjadi Aspek Kenyamanan Berlebih

Kedatangan sanak saudara dan teman adalah waktu yang tepat untuk mempererat hubungan baik yang sebelumnya sudah terjalin. Rasa nyaman merupakan faktor penting yang dapat membuat tamu menghabiskan lebih banyak waktu di rumah kamu. Komponen seperti bantalan pada dudukan dan sandaran, tumpuan lengan, dan juga ukurannya yang memanjang membuat sofa menjadi sebuah furnitur yang sangat nyaman untuk diduduki. Kamu dapat menambahkan sedikit aksen bantal kecil yang dapat menambah kenyamanan saat duduk.

Memiliki Daya Tampung yang Luas

Jenis sofa apapun yang kamu gunakan, terdapat kelebihan dari bentuk yang memanjang dan dapat menampung lebih dari satu orang. Tanpa kamu ketahui terkadang tamu yang berkunjung ke rumah sangatlah banyak, tetapi dengan adanya jenis sofa di ruang tamu dapat membantu kamu untuk menampung jumlah tamu yang banyak dengan tersedianya tempat duduk yang luas. Jika jumlah tamu melebihi kapasitas sofa yang tersedia, kamu dapat menyediakan kursi tamu tambahan. Menyiapkan kursi cadangan adalah salah satu cara untuk mengantisipasi kekurangan tempat duduk.

Menjadi Sambutan yang Hangat untuk Para Tamu

Pada umumnya, ruang tamu ibarat raja pertama yang dimasuki tamu. Dengan demikian, sofa menjadi hal utama yang akan menyambut kedatangan tamu. Hal ini dikarena sofa sangat akrab dengan kehangatan untuk banyak orang. Keberadaan sofa di  ruang tamu akan membuat tamu merasa diterima dan dihargai sehingga suasana akan terasa lebih santai.

Rekomendasi Jenis Sofa untuk Tempat Hunianmu

Sofa memiliki jenis yang sangat beragam mulai dari sofa bed yang berguna untuk tempat duduk sekaligus untuk tidur, hingga sofa sectional yang berguna untuk kamu yang memiliki kerabat yang banyak. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih banyak mengenai jenis-jenis sofa:

Sofa Bed Single

Jenis sofa bed ini cocok digunakan untuk ruangan berukuran minimalis. Biasanya, model sofa bed single memiliki satu dudukan memanjang yang bisa digunakan oleh 1 orang untuk duduk dan tidur.

Beberapa merek sofa bed jenis ini juga mempunyai laci penyimpanan yang bisa dibuka pada bagian dudukannya. Dengan begitu, kamu dapat memanfaatkannya untuk menyimpan bantal sofa atau barang-barang lainnya.

Recliner

Sofa recliner mempunyai sandaran tangan dan sandaran kaki yang fleksibel. Sehingga hal tersebut menjadi ciri khas dari sofa ini, yang tidak dapat ditemukan pada jenis sofa lainnya. 

Karena fleksibilitas bagian sandaran, tidak heran jika recliner umumnya dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Sleeper Sofa

Pada umumnya, sofa jenis ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan sofa bed, sleeper sofa bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai maupun tidur. 

Pasalnya bagian bawah dari sofa ini dapat dibentangkan, sehingga kamu bisa meluruskan kaki dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Sofa Bed Recliner 

Jenis sofa bed berikutnya yaitu sofa bed recliner. Sofa ini masuk ke dalam sofa semi bed yang didesain memiliki satu dudukan memanjang dan permukaan empuk untuk bersantai. 

Sofa bed recliner juga bisa kamu gunakan saat menonton film agar terasa seperti di bioskop.

Menariknya, jenis sofa bed ini memiliki konsep multifungsi karena didesain membentuk sofa biasa dengan sandaran dapat direbahkan serta penopang kaki yang dapat dibuka.

Sofa Bed Sectional

Jenis sofa bed yang satu ini cocok digunakan untuk keluarga besar karena memiliki kapasitas luas untuk bersantai. Hal ini karena sofa bed sectional menggabungkan sofa double pada dudukan dengan sofa single sehingga membentuk sudut seperti huruf L.

Pada dudukan sofa bed single, biasanya kamu akan mendapatkan laci penyimpanan sehingga menjadi lebih praktis dan fungsional.

Sofa Bed 3 in 1

Sofa bed 3 in 1 bisa dibilang sangat multifungsi. Sebab, Anda bisa mendapatkan sofa, tempat tidur, dan sofa semi bed dalam satu produk. 

Bedanya dengan model sofa bed yang lain yaitu pada saat merebahkan sandaran sofa, kamu bisa menarik bagian bawah dudukan agar menjadi lebih panjang untuk digunakan tidur.

Sofa Bed 3 Dudukan

Jenis sofa bed lainnya adalah model sofa bed 3 dudukan yang bisa kamu gunakan untuk memberikan kenyaman duduk sekaligus untuk tidur. Sofa jenis ini cocok digunakan bila kamu mempunyai anggota keluarga yang banyak karena kapasitas sofa ini cukup besar. Hanya saja, pastikan kamu memilih kerangka sofa bed yang kokoh agar lebih tahan lama.

Sofa Bed Lipat

Bila kamu tidak ingin repot menggeser atau merebahkan sandaran sofa, jenis sofa bed lipat bisa jadi alternatif yang cocok. Karena pada sofa bed jenis ini kamu hanya perlu membuka lipatan pada dudukan dan sandaran untuk mengubah jadi tempat tidur.

Sectional Sofa

Sectional sofa bisa diartikan sebagai sofa yang terdiri atas beberapa bagian. Jadi untuk menghasilkan ruang duduk yang berukuran besar, terdapat dua atau lebih sofa yang disatukan. 

Buat kamu yang mempunyai jumlah keluarga yang banyak dan mempunyai kapasitas ruang tamu besar memilih jenis sectional sofa tentu merupakan pilihan yang tepat.

Sofa Bed Double

Kamu juga bisa memilih sofa bed double untuk menghiasi ruang tamu minimalis. Sofa ini dilengkapi dengan dua dudukan yang tidak memakan banyak tempat. 

Agar lebih nyaman, kamu dapat memilih bahan sofa bed yang lembut. Selain itu, pilih warna netral seperti hitam, abu-abu, atau coklat agar ruangan rumah tampak lebih luas.

The Classic Round Arm Sofa

Sesuai dengan namanya, the classic round arm sofa yang terkadang disebut dengan nama grandma’s couch ini punya lengan dengan bentuk bulat klasik. 

Sofa jenis ini sangat mudah ditemukan karena banyak digunakan hingga saat ini. Saat ini the classic round arm sofa sudah semakin banyak jenisnya. Salah satunya menggunakan fabric neutral dan linen putih, yang membuatnya tampak berkelas.

Lawson Style

Pada awalnya, sofa jenis ini dibuat secara khusus untuk seorang ahli keuangan bernama Thomas Lawson. Itulah kenapa namanya disebut sofa lawson. 

Desainnya sendiri cukup sederhana dengan tiga dudukan yang ditambah bantal punggung, sehingga sangat nyaman bagi pengguna. Sejak saat itu, sofa lawson style ini mulai diminati dan terus berkembang.

Loveseat

Ingin membeli sofa untuk mengisi sudut ruang yang sempit? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan sofa loveseat ini sebagai pilihan.

Sofa loveseat identik dengan sebuah sofa yang berisi dua orang dengan sandaran punggung yang tegak lurus. Umumnya sofa jenis ini dilengkapi dengan meja kecil disamping.

Cabriole

Sofa Cabriole memiliki karakter khas yang mampu merepresentasikan ruang keluarga bergaya Perancis. Model sofa seperti ini memang mulai populer pada zaman Louis XV, sekitar abad ke-18 silam. 

Tampilannya memang memiliki kesan formal namun tetap cantik. Hal ini karena sofa cabriole menonjolkan bagian bingkai kayu yang terbuka dan biasanya dipenuhi dengan ukuran tertentu. 

Camelback

Pemberian nama sofa ini tentu bukan tanpa alasan, Sofa Camelback merupakan salah satu jenis sofa yang memiliki desain melengkung pada bagian punggungnya.

Pada umumnya lengkungan ini berjumlah 1 atau 3 sehingga terkesan menyerupai punggung unta. 

Selain karena desainnya yang unik, Sofa jenis ini juga cukup fleksibel karena kamu dapat melakukan custom bahan pelapisnya, bisa polos atau bermotif serta menggunakan jenis bahan apa saja sehingga bisa menambah kesan yang berbeda. 

Chesterfield

Sofa chesterfield punya bentuk yang tebal dan panjang. Biasanya, seluruh permukaannya dilapisi kulit dan kancing sehingga menampilkan kesan yang unik.

Ciri lain dari sofa chesterfield adalah pada bagian lengannya yang biasanya memiliki tinggi yang sama dengan bagian punggung atau dengan kata lain bagian punggung sofa jenis ini termasuk rendah untuk bersandar.

 Sofa Tuxedo

Sofa jenis ini memiliki desain simpel tapi tetap berkarakter yang merupakan ciri khas dari sofa tuxedo. Karakter yang dimilikinya antara lain glamor, kokoh, dan tinggi. 

Biasanya, sofa tuxedo memiliki bentuk persegi panjang dengan kaki terbuka yang terlihat tinggi. Sofa ini juga identik dengan sandaran punggung yang tidak terlalu tinggi dan menggunakan kain sebagai pelapis. 

Chaise

Jenis sofa selanjutnya adalah chaise. Berdasar informasi yang ada kata chaise sendiri diambil dari kata ‘Chaise Lounge’ yang memiliki arti sebagai kursi yang panjang.

Ciri khas dari sofa ini adalah beberapa bagian memiliki sandaran, sementara beberapa bagian lagi tidak memiliki sandaran. 

Bagian yang tidak memiliki sandaran ini dapat digunakan sebagai tempat duduk atau juga sebagai tempat kaki untuk duduk santai. 

Sofa chaise umumnya bisa digunakan oleh dua sampai tiga orang, sehingga kamu bisa menempatkan sofa jenis ini di ruang keluarga untuk bersantai bersama.

Sofa Bridgewater

Sofa bridgewater adalah sofa yang cenderung terlihat sangat kasual. Meskipun begitu, namun sofa jenis ini tetap terasa sangat nyaman. 

Sehingga banyak yang menggunakan sofa bridgewater untuk menciptakan tampilan santai dan ramah di rumah.

Sofa Puff

Sofa yang berbentuk persegi panjang ini tidak mempunyai sandaran, sehingga kamu dapat menempatkannya di berbagai kondisi. Jika ingin memiliki sandaran, kamu bisa meletakkan sofa jenis ini di samping tembok, lalu jika ingin memuat lebih banyak orang Anda bisa meletakkannya di tengah ruangan. 

Sofa L

Sofa L dikenal juga dengan istilah sofa sudut, yang mana jenis ini memang sangat cocok bagi kamu yang memiliki ruangan berukuran minimalis. 

Biasanya jenis sofa L dilengkapi dengan sandaran pada satu sisi dan sisi lainnya tidak. Meski begitu, sofa L tetap terasa begitu nyaman diduduki.

Sofa jenis ini bisa dibilang merupakan elemen penting yang harus ada di ruang tamu atau ruang keluarga. Setiap jenis sofa bisa memberikan kesan yang berbeda pada ruangan.

Baca Juga : Rumah Cluster Adalah Pilihan Tepat untuk Hunian Modern: Ini Alasannya

Akhir Kata

Pemilihan sofa juga perlu memperhatikan luas hunian dan desain yang akan dipakai, hal ini penting untuk kamu memperhitungkan besar kecilnya sofa. Sebagai pelengkap hunian, sofa dapat menciptakan suasana rumah yang hangat. Sekarang kamu bisa mewujudkan tempat tinggal impian yang nyaman bersama BTN properti!. Kemudahan memiliki tempat tinggal impian bersama BTN properti, cek berbagai artikel menarik tentang konstruksi dan rumah di website BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua