Spinner Icon

Ide Pagar Rumah Hook: Optimalkan Keamanan dan Estetika

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 26 Agustus 2024
Table of Contents:
  • Rumah Hook
  • Kelebihan Memiliki Rumah Hook
  • 1. Dapat Dimanfaatkan untuk Taman
  • 2. Ventilasi Lebih Banyak
  • 3. Desain Rumah yang Fleksibel
  • 4. Cocok untuk Lokasi Usaha
  • 5. Lahan Parkir Lebih Luas
  • 6. Eksplorasi Eksterior Lebih Bebas
  • Mitos Rumah Hook
  • Ide Desain Pagar Rumah Hook yang Estetik

  • 1. Pagar dari Kayu dan Batu Alam
  • 2. Pagar Rumah Hook Berbentuk Papan
  • 3. Pagar Rumah Hook dengan Besi dan Bata
  • 4. Pagar Rumah Hook yang Dilengkapi Tanaman
  • 5. Pagar Rumah Hook Modern yang Menjaga Privasi Rumah
  • Cara Menciptakan Rasa Aman di Rumah Hook
  • Kesimpulan

Rumah adalah salah satu kebutuhan, banyak orang yang ingin memiliki tempat tinggal sendiri. Sebaiknya, rumah juga dilengkapi oleh bagian-bagian penting yang bertujuan untuk menjaga sistem keamanan. Salah satunya adalah adanya CCTV dan pagar rumah.

Pagar di setiap rumah memiliki pola yang berbeda, tak terkecuali pagar rumah hook. Rumah hook identik dengan rumah yang berada di ujung dengan desain pagar yang tidak lancip. Kamu dapat menjumpai pagar rumah hook di area perumahan.

Bagi sebagian orang, rumah hook adalah sebuah impian lantaran rumah tersebut lebih luas dan terbuka serta bebas untuk memilih di mana ventilasi berada. Pada artikel ini, kami akan membahas lebih dalam seputar rumah hook, pagar rumah hook, hingga ide desain rumah hook yang mengandung estetika.


Key takeaways:

  • Rumah hook adalah rumah pojok atau rumah yang terletak di ujung perumahan, dengan dua sisi yang terbuka.
  • Rumah hook dilengkapi dengan pagar rumah hook, yang kebanyakan terbuat dari kayu.
  • Contoh pagar rumah hook yang estetik adalah perpaduan kayu dan batu alam.

Rumah Hook

Rumah hook adalah rumah yang berada di pojok jalan, dengan area samping dan depan rumah yang terbuka ke arah jalan. Sejarahnya, kata hook berasal dari bahasa Belanda yakni hoek dan memiliki arti pojok atau sudut.

Ciri khas dari rumah hook terlihat dari sisi-sisi terbuka yang menghadap ke jalan. Selain itu, pagar rumah hook juga tidak memiliki tinggi lebih dari 80 cm. Hal ini dikarenakan tidak memiliki pondasi yang kuat dan terletak di persimpangan jalan.

Letak rumah hook tidak terhimpit di antara rumah, melainkan memiliki satu sisi yang terbuka. Sedangkan sisi lainnya berdempetan dengan rumah tetangga.  Rumah hook ini berlokasi di setiap ujung pada blok perumahan, atau di setiap pertigaan dan perempatan. Seringkali rumah hook memiliki ukuran lahan yang lebih besar karena berada di sisi jalan.

Baca juga: Simak 5 Inspirasi Desain Rumah Hook di Sini!

 

Kelebihan Memiliki Rumah Hook

1. Dapat Dimanfaatkan untuk Taman

Jika melihat posisi rumah hook yang berada di sudut, hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat taman atau kebun.

Selain itu, rumah model tersebut juga bisa menjadi daya tarik sekaligus dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman. Dengan adanya taman, maka tamu yang berkunjung ke rumah kamu dapat merasakan suasana alam.

2. Ventilasi Lebih Banyak

Karena memiliki dua sisi, rumah hook juga memiliki ventilasi di kedua sisi. Selain itu hal tersebut akan memberikan kesan lapang dan kelegaan. Kami dapat merekomendasikan ventilasi rumah hook dapat kamu perbanyak di bagian ruang tamu.

Hal tersebut juga dapat mengurangi penggunaan AC atau kipas, karena kamu akan mendapatkan udara segar yang lebih banyak. Ventilasi juga memberikan pergantian sirkulasi udara, sehingga kamu berpotensi untuk terhindar dari penyakit pernafasan.

3. Desain Rumah yang Fleksibel

Desain rumah hook terlihat lebih fleksibel dengan akses pintu, yang dapat dibuat di bagian depan dan samping. Hal tersebut memberikan variasi yang cantik dan tak monoton.

4. Cocok untuk Lokasi Usaha

Biasanya, rumah model hook berada di sudut kompleks seperti pintu masuk atau bahkan di ujung jalan. Jika dilihat secara mendalam, kondisi ini dapat menjadi peluang untuk lokasi usaha.

Apalagi untuk kamu para pegiat usaha di rumah. Hunian rumah hook akan lebih mudah ditandai orang, karena berada pada lokasi mencolok. Kamu bisa mulai untuk pikirkan usaha apa yang ingin dijalani.

5. Lahan Parkir Lebih Luas

Bagi kamu pemilik rumah hook, kamu tak perlu pusing dengan lahan parkir. Karena rumah hook memiliki tempat ekstra untuk parkir mobil dan kendaraan lainnya. Sehingga jika garasi rumah kamu tidak cukup, kamu masih memiliki halaman lain sebagai tempat parkir.

6. Eksplorasi Eksterior Lebih Bebas

Banyak orang yang tahu bahwa denah lantai terbuka, telah menjadi hal yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Maka dari itu, rumah hook sanggup memberi kesan terbuka yang lebih luas di bagian luar. Kamu dapat dengan leluasa memandangi lingkungan sekitar, tanpa takut adanya halangan.


Mitos Rumah Hook

Tak hanya kelebihannya, rumah hook juga memiliki mitos yang simpang siur. Bagi yang percaya terhadap feng shui, rumah hook seringkali dihindari. Hal ini karena posisinya dianggap kurang baik dan dipercaya dapat mengurangi keberuntungan bagi penghuninya.

Menurut feng shui, rumah hook tidak membawa keberuntungan bagi pemiliknya karena huniannya memiliki dua akses. Sehingga hal tersebut mengakibatkan rezeki mudah keluar. Untuk menambahkan energi yang positif di rumah hook, water feature misalnya air mancur bisa ditambahkan di sekitar rumah hook.


Ide Desain Pagar Rumah Hook yang Estetik


1. Pagar dari Kayu dan Batu Alam

Inspirasi desain pagar yang pertama yakni bagi yang ingin membuat rumah terkesan unik. Pagar yang satu ini terbuat dari dua bahan bangunan, yaitu batu alam dan kayu.

Hal ini mampu memberikan kesan rumah yang alami, dan berbeda dari pagar rumah pada umumnya. Pagar ini cocok bagi kamu yang memiliki rumah bergaya minimalis, modern, atau industrial. Untuk memberikan kesan rumah yang lebih menawan, kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman atau pepohonan di depan pagar.

2. Pagar Rumah Hook Berbentuk Papan

Jika kamu ingin memiliki tampilan rumah yang menawan dan modern, desain pagar rumah hook minimalis berbentuk papan ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Pagar ini cukup unik, karena terbuat dari beberapa papan atau dinding tinggi untuk menjaga privasi rumah.

Terdapat sebuah rongga antara satu papan dengan papan lainnya, sehingga halaman terlihat lebih luas dan menyatu dengan lingkungan luar. Kamu juga bisa menambahkan pepohonan atau tanaman di depan pagar untuk memberikan kesan rumah asri.

3. Pagar Rumah Hook dengan Besi dan Bata

Desain pagar yang satu ini cukup sederhana dan dapat menjaga keamanan rumah kamu. Desain pagar yang satu ini terbuat dari dinding bata yang tinggi dan melingkar. Bagian atas pagar dilengkapi dengan tambahan pagar besi, agar siapapun tidak bisa melompat masuk ke area rumah.

Meski tinggi pagar tidak boleh lebih dari 80 sentimeter, namun material besi dan bata mampu menjaga keamanan rumah kamu.

4. Pagar Rumah Hook yang Dilengkapi Tanaman

Desain pagar yang satu ini cocok untuk berbagai tipe rumah, mulai dari minimalis, modern, hingga mewah. Kamu bisa menambahkan tanaman hias di atas pagar, untuk membuat suasana rumah tampak lebih memesona dan indah. Untuk kamu yang memiliki rumah mewah, pagar jenis ini cocok untuk diterapkan.

5. Pagar Rumah Hook Modern yang Menjaga Privasi Rumah

Pagar yang satu ini tidak jauh berbeda dengan pagar pada umumnya. Kamu dapat menggunakan batu alam sebagai materialnya. Jika menambahkan keberadaan rerumputan di atas pagar, maka akan memberikan kesan rumah yang lebih minimalis.

Baca juga: Kupas Inspirasi Desain untuk Rumah Hook!


Cara Menciptakan Rasa Aman di Rumah Hook

  1. Memasang pagar di sekitar rumah hook untuk membantu mencegah terjadinya kecelakaan, atau kendaraan menabrak langsung ke rumah.
  2. Pasang rambu-rambu peringatan di sekitar rumah hook untuk mengingatkan pengemudi agar berhati-hati.
  3. Menanam pohon atau tanaman di sekitar rumah hook untuk membantu memperlambat laju kendaraan.
  4. Memasang kamera CCTV untuk memantau situasi dan membantu mengidentifikasi pelakunya jika terjadi kecelakaan.

 

Kesimpulan

Kini kamu sudah mengetahui lebih dalam terkait rumah hook beserta dengan ide pagar rumah hook yang bisa kamu terapkan. Jika kamu ingin memiliki rumah hook, kamu perlu memahami terkait bahan penyusun properti yang harus digunakan untuk membangun rumah tersebut. Kunjungi link ini untuk mengetahui informasi-informasi bermanfaat lainnya seputar properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua