Spinner Icon

Rumah Cluster Adalah Pilihan Tepat untuk Hunian Modern: Ini Alasannya

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 26 September 2024
Table of Contents:

Sumber: Pixabay

Berbicara tentang rumah, setiap perumahan memiliki jenis rumah yang berbeda-beda. Belakangan ini rumah cluster menjadi populer di kalangan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan rumah cluster memiliki design yang modern dan trendy.

Selain perumahan tipe cluster, ada juga tipe yang lainnya. Misalnya town house atau perumahan komplek. Kamu bisa memilih tipe rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun jika kami bisa memberi saran, rumah cluster adalah tipe perumahan yang cocok untuk kamu.

Banyak kelebihan yang bisa dimiliki. Mulai dari hunian modern, sistem keamanan yang canggih, serta tingkat kenyamanan. Pada artikel ini kami akan membahas terkait rumah cluster beserta kelebihannya.

Key takeaways:

  • Rumah cluster adalah sebuah tipe perumahan yang dibangun dengan arsitek tertentu, dan terdiri dari puluhan hingga ratusan rumah.

  • Salah satu karakteristik rumah cluster adalah bangunan yang sama.

  • Kelebihan rumah cluster yakni sistem keamanan 24 jam.


Rumah Cluster Adalah

Beberapa contoh rumah yang cukup populer di Indonesia yaitu rumah cluster, town house, dan residence. Dari ketiga jenis tersebut, rumah cluster adalah yang paling banyak diminati.

Rumah cluster adalah tipe rumah yang dibangun di suatu komplek, serta terdiri dari puluhan hingga ratusan unit rumah. Rumah tipe ini umumnya memiliki bentuk dan ukuran yang seragam, serta tidak memiliki pagar pada bagian depannya. Antara rumah satu dengan rumah lainnya hanya dipisahkan oleh tembok beton.

Selain memiliki desain rumah yang mirip, perumahan cluster umumnya dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Mulai dari security, taman, lapangan olahraga, dan lainnya.

Karakteristik Rumah Cluster

  • Desain dan Bangunan Rumah yang Sama

Rumah cluster berada di suatu komplek atau area perumahan dengan bangunan yang seragam. Jika kamu berada di komplek perumahan dengan desain dan bentuk bangunan yang sama, maka dapat dipastikan perumahan tersebut masuk dalam kategori rumah cluster.

  • Fasilitas Lengkap 

Rumah cluster dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang dapat digunakan bersama dengan para penghuni perumahan lainnya. Seperti ruang terbuka hijau, playground atau taman bermain, lapangan olahraga, kolam renang, dan lain sebagainya.

  • One Gate System

Tipe rumah yang satu ini memiliki akses yang terbatas, dimana tidak semua orang bisa masuk ke dalamnya tanpa perizinan. Dengan menggunakan one gate system atau sistem satu pintu, yang memungkinkan akses keluar masuk berada di pintu yang sama dengan pengawasan 24 jam dan dilengkapi oleh CCTV.

Sehingga siapa saja yang masuk dapat diketahui oleh pihak keamanan. Maka dari itu, hunian yang ada di dalamnya termasuk yang paling aman meskipun tidak dilengkapi dengan pagar.

  • Memiliki Banyak Unit

Pada sebuah cluster, unit yang ada di dalamnya cukuplah banyak, mulai dari puluhan sampai dengan ratusan. Proses pembangunan rumah yang ada di dalamnya dilakukan secara bertahap (step by step) dari satu cluster ke cluster lainnya.

  • Tidak Memiliki Pagar

Perumahan tipe ini memiliki tema terbuka, dimana pemilik rumah satu dan lainnya dapat berbaur dengan mudah. Tak heran jika rumah cluster tidak dilengkapi dengan pagar pembatas antara rumah satu dengan rumah lainnya.

Di samping itu, ketiadaan pagar pembatas ini dapat memudahkan akses keluar masuk bagi pemilik rumah maupun tamu yang datang. Kamu juga tidak perlu was-was, karena sistem keamanan yang ada memungkinkan kendaraan selalu terjaga dengan aman.



Kelebihan Rumah Cluster

  • Lingkungan Aman dan Nyaman 

Lingkungan perumahan cluster memiliki kelebihan yakni tidak boleh ada sembarang orang masuk. Terlebih jika kamu memiliki anak-anak, tentunya akan membuat perumahan ini menjadi lingkungan yang aman dan nyaman.

Tidak perlu risau akibat akan kendaraan umum yang banyak berlalu lalang, sehingga mampu mengurangi potensi yang dapat membahayakan anak- anak saat bermain di luar rumah.

  • Fasilitas Bersama Lengkap dan Memadai

Ada berbagai fasilitas yang dapat mendukung produktivitas dan hiburan bagi para penghuni daerah cluster. Mulai dari taman bermain, tempat olahraga, lapangan tenis, dan masih banyak lagi.

  • Nilai Investasi Tinggi

Perumahan cluster identik dengan lokasi pembangunan yang strategis. Hal ini memungkinkan para pemilik rumah menjangkau fasilitas umum lebih cepat dan efisien. Misalnya dibangun di dekat jalan besar, stasiun kereta api, mall, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya kemudahan akses pada tempat-tempat tersebut, menjadikan rumah cluster memiliki nilai jual yang tinggi dari tahun ke tahun. 

Jadi, bilamana kamu ingin berinvestasi di bidang properti, rumah tipe ini cocok untuk kamu jadikan sebagai pilihan. Semakin strategis dan lengkap fasilitas yang ditawarkan, maka semakin tinggi nilai investasinya.

  • Cocok Untuk Anak-Anak

Rumah cluster memiliki keamanan 24 jam, dan ada taman bermain di dalamnya. Bagi kamu yang memiliki anak kecil dan hobi bermain, perumahan tipe cluster cocok untuk ditinggali.

Poin ini menjadi salah satu alasan kenapa rumah tipe ini cocok untuk dijadikan hunian jangka panjang, terutama bagi kamu yang memiliki anak.

  • Halaman Luas


Model rumah cluster dirancang tanpa pagar. Hal ini yang membuat halaman tempat tinggal terasa lebih luas dan lapang dari ukuran sebenarnya. Anak-anak bebas berlari atau bermain di halaman rumah. Dengan tidak ada pagar, maka memudahkan kamu untuk bercengkrama dengan penghuni rumah lain.

  • Lingkungan Lebih Sehat

Selain area bermain anak, biasanya developer rumah cluster menyediakan fasilitas lainnya yang sangat memadai untuk menunjang gaya hidup sehat. Contohnya fasilitas clubhouse yang di dalamnya terdapat kolam renang anak dan dewasa, pusat kebugaran, dan area yoga. Lalu, selalu ada jogging track.

Kekurangan Rumah Cluster

  • Desain Sama

Rumah cluster memang banyak kelebihannya, tetapi ada sedikit kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Contohnya seperti desain rumah yang monoton. Terlebih pemiliknya tidak diperkenankan untuk mengubah desain fasad, dan harus menjaga keseragaman eksterior dengan rumah tetangga sebelah.

  • Memerlukan Biaya Tambahan

Selain harus mengeluarkan dana untuk membayar tagihan air dan listrik, penghuni rumah cluster juga wajib mengeluarkan budget untuk iuran pemeliharaan lingkungan. Biasanya itu diperlukan untuk kebutuhan keamanan, pungutan sampah, kebersihan jalan dan lain sebagainya. Hal ini tergantung kepada kebijakan town management yang berlaku.

  • Harga Tinggi

Meskipun kebanyakan berada di daerah pinggiran, hunian cluster tetap strategis. Pasalnya, pengembang mendirikannya dekat fasilitas publik seperti stasiun, rumah sakit dan lainnya. Sudah pasti harga rumah cluster tinggi, tetapi modal investasi yang dikeluarkan bakal sebanding dengan return of investment (ROI) yang bakal didapatkan.

  • Penggunaan Fasilitas yang Terbatas


Rumah cluster biasanya memiliki desain tertentu. Mungkin hanya tersedia beberapa tipe unit yang berbeda dari lainnya. Hal ini bisa saja menjadi salah satu faktor penting sebelum membeli rumah cluster

Karena dengan membeli rumah cluster, maka kamu memiliki keterbatasan untuk memilih tipe rumah, warna, hingga desain rumah yang diminati. Dikutip dari 99co, hal ini mungkin merupakan kekurangan dan kurang cocok bagi kamu yang menginginkan rumah dengan eksterior unik. 

Tips Memilih Rumah Cluster

  1. Kenali Developer

Apapun tipe perumahan yang kamu ingin beli, mengenal developer menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Begitu pula saat memilih rumah cluster. Tips memilih rumah cluster adalah pastikan developernya memiliki reputasi yang bagus dan terpercaya. Kamu perlu menggali informasi mengenai track record developer terlebih dahulu, cari tahu apakah proyeknya tidak pernah ada masalah.

  1. Lokasi

Untuk mengetahui akses perumahan secara nyata, akan lebih baik jika melakukan survei lokasi terlebih dahulu. Pastikan apakah jalan ke perumahan mudah diakses, apakah lokasi perumahan banyak dilalui oleh moda transportasi umum, apakah kawasannya dekat dengan fasilitas publik atau tidak, dan apakah kondisi lingkungan bagus serta aman dari longsor maupun banjir.

  1. Fasilitas Bersama yang Memadai

Rumah cluster banyak disukai karena menyediakan fasilitas bersama yang memadai. Namun fasilitas ini tentu bisa berbeda beda, tergantung pengembangnya. Sehingga jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu fasilitas apa saja yang akan diperoleh. Misalnya fasilitas tempat peribadatan hingga fasilitas ekonomi.

  1. Pahami Pembayaran dan Cicilan

Satu lagi tips memilih rumah cluster adalah memahami sistem pembayaran dan cicilannya. Biasanya, pembayaran akan terbagi menjadi dua yaitu down payment (DP) dan booking fee

Untuk pembayaran DP umumnya berkisar 5-10% dari harga total. Sedangkan booking fee dengan kisaran harga atas komitmen kedua belah pihak. Hal ini berbeda beda tergantung developernya, pastikan kamu memahaminya.

Perbedaan Rumah Cluster dengan Tipe Lainnya

Berikut beberapa perbedaan mendalam terkait rumah cluster, townhouse, dan perumahan komplek.


  • Konsep


Perbedaan pertama dari perumahan cluster, townhouse, dan komplek yang pertama terdapat pada konsepnya. Perumahan cluster dan townhouse memiliki kesan tertutup karena menerapkan sistem keamanan satu akses. Ukuran dan bentuk tiap rumah di dalamnya pun juga cenderung sama. Namun, townhouse memiliki konsep rumah yang lebih eksklusif karena memang diperuntukkan bagi para ekspatriat. Harganya pun lebih tinggi ketimbang perumahan cluster.


Sedangkan pada perumahan komplek, biasanya tidak memiliki sistem keamanan khusus seperti pada cluster dan townhouse. Tiap unit rumah di kompleks juga memiliki bentuk serta ukuran yang beragam. Masing-masing rumah pun sudah memiliki pagar dalam berbagai ukuran.


  • Jumlah Rumah


Perbedaan selanjutnya terdapat pada jumlah rumahnya. Perumahan cluster dan kompleks memiliki jumlah rumah dengan kisaran 100 – 300 unit. Lebih banyak ketimbang pada townhouse, yang hanya memiliki jumlah unit rumah paling banyak sekitar 30 unit saja.


Tipe townhouse memang cenderung mengedepankan ekslusifitas, dan sering diperuntukkan bagi kalangan tertentu. Seperti contohnya ekspatriat atau dibuat khusus untuk karyawan dari suatu perusahaan tertentu.


  • Fasilitas


Perbedaan terakhir dari perumahan cluster, townhouse, dan kompleks terdapat pada fasilitas penunjang di dalamnya. Perumahan cluster dan townhouse memang dilengkapi dengan beragam fasilitas tertentu, misalnya kolam renang, jogging track, taman, dan sebagainya. 


Hanya saja perumahan townhouse memiliki fasilitas yang lebih lengkap ketimbang di cluster. Apalagi fasilitas yang terdapat pada tiap kompleks perumahan cluster biasanya berbeda-beda.


Sedangkan perumahan komplek cenderung tidak memiliki fasilitas publik khusus, seperti pada perumahan cluster dan townhouse. Biasanya hanya dibekali dengan fasilitas keamanan untuk menghindari risiko kejahatan tertentu.


Baca Juga : 
Percantik Rumah dengan 11 Inspirasi Tanaman Hias Depan Rumah untuk Rumah yang Lebih Asri dan Sejuk

Akhir Kata


Membeli rumah di perumahan memerlukan riset yang matang serta pertimbangan yang sesuai. Selain itu, kamu juga harus melihat apakah fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan apa yang dicari. Terutama bagi yang sudah berkeluarga atau hendak memiliki keluarga kecil.


Tipe rumah cluster merupakan salah satu yang kami rekomendasikan untuk kamu. Hal tersebut dapat kamu pahami melalui setiap manfaatnya.


Hendak mencari rumah cluster namun belum memiliki budget yang sesuai? Kamu bisa mengunjungi website BTN Properti kami. BTN Properti menyediakan informasi seputar desain properti dan lain-lain.


Di dalam website tersebut terdapat banyak informasi seputar KPR properti dan pembahasan lainnya. Segera kunjungi website kami untuk mengetahui informasi-informasi bermanfaat lainnya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua