Spinner Icon

Inspirasi Desain Shaker Kitchen yang Elegan dan Fungsional

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 30 September 2024
Table of Contents:

Jika kamu menyukai gaya modern yang elegan dan fungsional, inspirasi shaker kitchen style sangat cocok untukmu. Dikutip dari choicecabinet.com, shaker style pertama kali muncul pada akhir abad ke-18 di Amerika Serikat. Desain ini merupakan contoh sempurna bahwa kesederhanaan juga dapat menciptakan keindahan, terutama pada ruang dapur. Selain berfokus dalam kesederhanaan, shaker kitchen style juga mendesain furnitur di area dapur dengan penuh kepraktisan dan fungsionalitas.

Ingin segera menerapkan shaker style? Simak berbagai inspirasi hingga bagaimana cara personalisasi shaker kitchen berikut ini.

Key Takeaways:

  • Shaker kitchen identik dengan adanya pintu shaker. Pintu ini terbuat dari panel kayu besar yang datar dan cekung di tengah serta dikelilingi oleh bingkai terangkat dengan tepian persegi.

  • Shaker style selalu memaksimalkan tempat penyimpanan setiap benda. Mengingat dapur merupakan salah satu ruangan dari sebuah rumah dengan banyak barang sehingga penting bagi kamu untuk memiliki rak penyimpanan yang cukup.

  • Tujuan utama dibuat shaker kitchen untuk memaksimalkan ruang yang ada.

Apa Itu Dapur Shaker Style?

Dapur shaker tradisional terkenal akan kesederhanaannya dilengkapi dengan desain minimalis dan elemen yang mendetail. Dapur ini memiliki kabinet yang simetris dengan pintu panel dengan bingkai yang khas.

Seiring berkembangnya zaman, muncul shaker kitchen bergaya modern. Desain yang satu ini bisa kamu sesuaikan dengan selera dan gaya hidup yang kamu inginkan. Sehingga lebih tampil bergaya dan modern.

Dapur bergaya shaker menonjolkan detail pengerjaan, bentuk, dan fungsi. Shaker kitchen identik dengan adanya pintu shaker. Pintu ini terbuat dari panel kayu besar yang datar dan cekung di tengah serta dikelilingi oleh bingkai terangkat dengan tepian persegi. Bingkai ini dibuat dari dua potongan kayu horizontal (rails) dan dua potongan kayu vertikal (stiles).

Deretan Inspirasi Shaker Kitchen Style

Kamu bisa dengan mudah menciptakan shaker style berbagai inspirasi berikut ini yang dikutip dari idealhome.co.uk, website yang membahas rumah modern:

Dapur Shaker Walnut Wood dan Hijau

Desain dapur yang satu ini penuh dengan tekstur dan dilengkapi sentuhan akhir agar shaker kitchen terlihat mewah dan elegan. Kamu dapat menggunakan meja kerja dan backsplash marmer berwarna putih kontras di tengah ruangan untuk menciptakan dapur yang fungsional.

Dapur Shaker Berwarna Putih yang Dilengkapi dengan Rak Terbuka

Shaker secara alami cocok dengan tampilan dapur bergaya pedesaan. Dapur ini menampilkan garis-garis sederhana, lemari terbuka, dan terbuat dengan bahan alami. Hal ini termasuk marmer yang terbuat dari oak dan grain. Shaker juga bisa dilengkapi dengan sisipan kaca jaring untuk mempercantik tampilan.

Dapur Shaker Berwarna Hijau Muda

Dapur akan tampak lebih menarik dengan menggunakan palet warna yang khas sehingga menciptakan sentuhan khas. Warna hijau mint terang bisa kamu gunakan pada lemari atau kabinet dapur. Gunakan lantai berwarna putih untuk membuat dapur terlihat cerah dan bersih.

Dapur Shaker Kontemporer Berwarna Putih dan Biru

Buat tampilan dapurmu menjadi berbeda dengan menggabungkan shaker style dengan warna-warna kontemporer yang berani. Kamu bisa menggunakan lemari kabinet berlapis kaca berwarna biru. Tambahkan meja kerja putih yang bersih, keramik di dinding, dan lantai kayu untuk memaksimalkan cahaya sehingga ruangan tampak cerah.

Desain Shaker Kitchen Bergaya Rustic

Pilihan selanjutnya yaitu desain bergaya rustic. Gaya rustic juga bisa dikombinasikan dengan shaker kitchen style. Dengan perencanaan yang indah, proses penciptaan desain ini tetap mengedepankan kesederhanaan serta fungsionalitas yang seimbang. Kamu juga bisa menggunakan perabotan yang praktis serta dekoratif. Beberapa hiasan dekoratif yang cocok yaitu botol kaca bunga, tanaman palsu, hingga rak gantung berwarna putih bisa kamu gunakan.

Desain Shaker Kitchen Dengan Rak Penyimpanan

Desain dapur selanjutnya dapat kamu ciptakan dengan menggunakan set-up minimalis. Shaker style selalu memaksimalkan tempat penyimpanan setiap benda. Mengingat dapur merupakan salah satu ruangan dari sebuah rumah dengan banyak barang sehingga penting bagi kamu untuk memiliki rak penyimpanan yang cukup.

Dengan begitu, barang-barang dapur akan tersimpan dan tertata rapi di lemari. Untuk memaksimalkan tampilan dapur dan memudahkan pencarian, kamu bisa menyusunnya berdasarkan fungsi, warna, atau jenis setiap alat dapur. Akhirnya, dapurmu akan tampak luas dan fungsional.

Keuntungan Menggunakan Shaker Kitchen

Setelah melihat berbagai inspirasi shaker kitchen, kamu tentu ingin segera membangunnya. Berikut ini beberapa keuntungan yang dikutip dari nakedkitchens.com, sebuah website designer dan cabinet makers, antara lain (2024):

Praktis

Tujuan utama dibuat shaker kitchen untuk memaksimalkan ruang yang ada. Oleh karena itu, gaya shaker identik dengan penggunaan perabotan multifungsi dan praktis, seperti laci penyimpanan tersembunyi, rak yang terdapat pada pintu kabinet, dan masih banyak lagi.

Serbaguna

Desain shaker kitchen yang sederhana dapat dipadukan dengan berbagai gaya rumah. Mulai dari kontemporer, rustic, modern, hingga mewah sekalipun.

Tahan Lama Terhadap Tren

Kesederhanaan dalam shaker kitchen membuat desain ini tidak pernah ketinggalan zaman. Shaker kitchen style akan tetap populer dari waktu ke waktu sehingga banyak orang menyebut desain ini bersifat abadi.

Desain yang Berkualitas

Dengan desain shaker kitchen, rumah akan terlihat mewah dan menawan. Pasalnya, kabinet yang terdapat pada desain ini merupakan furnitur asli yang dibuat oleh pengrajin terampil. Maka dari itu, tampilan rumah dengan gaya shaker kitchen akan tampak menarik.

Personalisasi Desain Shaker Kitchen Sendiri

Kamu juga dapat menyesuaikan desain shaker kitchen sesuai dengan preferensi. Naun, terdapat beberapa elemen yang memerlukan perhatian, seperti:

Warna Cat

Gunakan spektrum warna yang cocok untuk lemari dan pintu desain shaker kitchen. Beberapa warna yang populer digunakan dalam desain ini yaitu abu-abu terang dan putih. Dengan penggunaan kedua warna tersebut, dapur akan tampil klasik. Kamu juga bisa menggunakan warna biru tua untuk desain kontemporer.

Unfinished Wood

Shaker kit chen style umumnya berfokus pada penggunaan kerajinan tangan serta bahan alami seperti kayu tanpa finishing sebagai elemen dekoratif.

Bahan dan Warna Shaker

Furnitur yang paling cocok dengan lemari shaker adalah meja kerja berbahan batu alam seperti marmer, granit, atau bahan solid dan komposit lainnya yang memberikan tampilan mengkilap sehingga indah jika dipadukan dengan garis sederhana pada shaker kitchen.

Ubin

Desain shaker kitchen juga memberikan fleksibilitas untuk kamu berkreasi sesuai dengan keinginanmu. Sehingga, model dan jenis ubin dapat kamu pilih dengan leluasa untuk mengekspresikan diri. Mulai dari warna, bahan, hingga pola tampilan keramik.

Lighting

Elemen lampu juga memegang peranan cukup penting dalam shaker kitchen style. Bahkan, pemilihan lighting yang salah bisa memberikan dampak yang besar. Penggunaan lampu tidak hanya membuat dapur tampak terang, tetapi juga mencerminkan bagaimana suasana yang ingin kamu ciptakan.

Baca Juga : 5 Inspirasi Kitchen Set Industrial

Akhir Kata

Dengan segala keunggulannya, dapur Shaker Style tetap menjadi pilihan favorit banyak orang. Desainnya yang sederhana namun elegan, fungsionalitas optimal, serta penggunaan bahan berkualitas tinggi membuatnya tidak hanya indah dipandang, tetapi juga tahan lama dan praktis. Shaker Style mencerminkan perpaduan sempurna antara estetika dan kepraktisan, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang mencari desain dapur yang abadi.

Kamu bisa melihat berbagai inspirasi untuk dapur Shaker Style, mulai dari rumah bergaya rustic hingga kontemporer. Kamu bisa menggabungkan elemen klasik seperti pintu lemari panel datar dengan sentuhan modern seperti warna cat cerah atau peralatan dapur berteknologi tinggi. Dengan berbagai variasi yang bisa diterapkan, dapur Shaker Style dapat disesuaikan dengan preferensi dan gaya hidup kamu, menciptakan ruang yang tidak hanya fungsional tetapi juga mencerminkan kepribadian kamu.

Personalisasi dapur Shaker Style sangat memungkinkan, memberi kamu kebebasan untuk menambahkan sentuhan pribadi yang unik. Kamu bisa memilih berbagai jenis pegangan atau menambahkan aksen warna berbeda untuk menciptakan tampilan sesuai selera kamu.

Dengan demikian, dapur kamu tidak hanya menjadi tempat untuk memasak, tetapi juga ruang nyaman dan menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Jika kamu tertarik menghadirkan keindahan dan kepraktisan Shaker Style ke rumah kamu, BTN siap hadir untukmu. Kamu bisa menciptakan rumah impianmu bersama BTN. Untuk lebih dekat dengan impianmu ini, BTN memberikan program kepemilikan rumah yang memungkinkan kamu untuk membeli rumah dengan suku bunga yang rendah.

BTN sendiri merupakan pelopor program KPR di Indonesia yang pastinya sudah terpercaya dan memiliki proses pengajuan KPR yang mudah dan cepat. Jadi tunggu apa lagi, mari wujudkan impianmu bersama BTN!

Kamu dapat mengunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program-program KPR yang kami tawarkan. Klik link ini untuk menjelajahi website kami.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua