Spinner Icon

Sederhana Tapi Berkelas: Tips Desain Rumah Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 22 Juli 2024
Table of Contents:
  • Deretan Tips dalam Mendesain Rumah Minimalis
  • 1. Fokus pada fungsi komponen rumah
  • 2. Menggunakan warna-warna netral
  • 3. Meminimalisir pembatas dalam rumah
  • 4. Mengoptimalkan pencahayaan
  • 5. Menggunakan furnitur yang sesuai
  • 6. Pilihlah cat atau wallpaper yang sesuai
  • 7. Memakai cermin di setiap sudut
  • 8. Tambahkan dekorasi tanaman hias
  • 9. Memaksimalkan fungsi ruang
  • 10. Menggunakan material yang berkualitas
  • Inspirasi Desain Rumah Minimalis
  • 1. Rumah minimalis satu lantai
  • 2. Rumah minimalis dua lantai
  • 3. Rumah minimalis Skandinavia
  • 4. Rumah minimalis dengan ornamen kayu
  • 5. Rumah minimalis dengan batu alam
  • 6. Rumah minimalis dengan teras yang luas
  • 7. Rumah minimalis dengan dominan warna putih
  • 8. Rumah minimalis modern yang dilengkapi kolam renang
  • 9. Rumah minimalis tropis
  • 10. Rumah minimalis konsep klasik
  • 11. Rumah minimalis bergaya Jepang
  • 12. Rumah minimalis dengan konsep industrial
  • Akhir Kata

Rumah merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Tidak hanya sebagai tempat berteduh dari panas dan hujan, tetapi juga tempat untuk beristirahat.

Memiliki rumah juga merupakan impian setiap orang. Saat ini, telah muncul berbagai desain rumah. Mulai dari yang minimalis, modern, industrial, mediteranian, kontemporer, dan lain sebagainya.

Desain rumah minimalis kian populer di berbagai kalangan. Mulai dari generasi milenial, gen Z, bahkan bagi pasangan suami istri yang baru menikah. Pasalnya, pembangunan rumah minimalis bisa hanya menggunakan lahan yang terbatas dan tidak terlalu luas.

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa rumah minimalis tidak sempit. Banyak orang salah beranggapan bahwa rumah minimalis pasti sempit dan kecil. Bahkan, banyak yang menganggap rumah minimalis itu kuno.

Padahal, konsep minimalis seringkali dihubungkan dengan berbagai gaya desain rumah. Salah satunya yaitu gaya modern. Rumah minimalis bergaya modern merupakan tipe rumah yang paling populer saat ini.

Ingin mewujudkan hunian minimalis modern? Pada artikel ini, akan diberikan berbagai tips untuk menciptakan desain rumah minimalis yang modern. Mari simak untuk mengetahui lebih lanjut.


Key Takeaways:

  • Rumah merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan setiap orang. Tidak hanya sebagai tempat berteduh dari panas dan hujan, tetapi juga tempat untuk beristirahat.
  • Beberapa tips dalam mendesain rumah minimalis yaitu dengan fokus pada fungsi komponen rumah, menggunakan warna-warna netral, mengoptimalkan pencahayaan, memakai cermin, pilihlah cat atau wallpaper yang sesuai, menggunakan material yang berkualitas, dan lain sebagainya.
  • Desain rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi untukmu diantaranya yaitu rumah minimalis satu lantai, rumah minimalis dua lantai, rumah minimalis bergaya Skandinavia, rumah minimalis dengan ornamen kayu, rumah minimalis tropis, hingga rumah minimalis yang dilengkapi dengan kolam renang.

Deretan Tips dalam Mendesain Rumah Minimalis

Mendesain rumah minimalis modern juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan. Beberapa tips berikut telah kami sediakan khusus untuk kamu yang ingin segera membangun rumah minimalis modern:

1. Fokus pada fungsi komponen rumah

Kamu harus memikirkan fungsi dari setiap ruangan dalam rumah sebelum mendesain rumah minimalis, seperti menyediakan ruang tamu dengan kapasitas orang yang sesuai, membuat ruang kerja jika sering work from home, dan lain-lain.

Rumah minimalis dapat dengan mudah kamu ciptakan menggunakan konsep open space. Konsep ini berarti kamu harus menjaga ruangan di dalam rumah untuk tetap terbuka dan terlihat lapang.

2. Menggunakan warna-warna netral

Dalam mendesain rumah minimalis, kamu harus menggunakan warna-warna netral dan sederhana, seperti putih, cokelat, krem, dan earth tone lainnya. Tidak hanya mengusung konsep minimalis, warna-warna ini juga menciptakan kesan modern.

Tidak hanya di dinding, kamu juga bisa mengaplikasikan warna netral pada lantai keramik. Dengan keramik berwarna putih atau cream, rumah terlihat lebih luas dan menarik. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan kayu pada lantai untuk menciptakan nuansa minimalis modern.

3. Meminimalisir pembatas dalam rumah

Rumah minimalis yang memiliki banyak pembatas dapat membuat ruangan terasa semakin kecil dan sempit. Oleh karena itu, biarkan saja ruangan tersebut terlihat terbuka. Selain terlihat lebih luas, ruangan tanpa pembatas juga terlihat lebih lega dan lapang.

Jika memang ingin menambahkan pembatas, kamu bisa menggunakan furnitur seperti lemari atau rak buku dan menatanya dengan baik agar terlihat rapi. Kamu juga dapat menggunakan gorden atau pintu lipat agar lebih leluasa saat dibuka maupun ditutup.

4. Mengoptimalkan pencahayaan

Salah satu hal penting dalam mendesain rumah minimalis yaitu pencahayaan. Usahakan rumah memiliki pencahayaan maksimal sehingga nilai estetika meningkat dan terlihat luas.

Kamu bisa menggunakan pintu atau jendela dengan kaca yang besar untuk memaksimalkan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Sebagai hiasan, kamu bisa menggunakan gorden atau tirai yang sesuai dengan desain rumah.

5. Menggunakan furnitur yang sesuai

Tidak hanya warna dinding dan bentuk ruangan, rumah minimalis juga harus memperhatikan furnitur. Umumnya, supaya ruangan terasa luas, kamu lebih baik menggunakan furnitur yang fungsional dan estetik.

Misalnya, memakai kasur yang dilengkapi dengan laci pada bagian bawahnya, atau meja lipat. Jangan lupa untuk memilih furnitur yang sederhana, estetik, dan minimalis. Perhatikan juga warna atau motif yang sesuai dengan konsep rumah minimalis.

6. Pilihlah cat atau wallpaper yang sesuai

Pemilihan warna cat dan motif wallpaper sangat penting dalam konsep rumah minimalis. Jika kamu salah memilih warna, ruangan bisa terlihat semakin sempit.

Kamu dapat menggunakan warna-warna minimalis seperti putih, abu-abu, pastel, dan krem untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Selain itu, Kamu juga bisa memadukan warna minimalis dengan furnitur kayu agar terkesan lebih hangat dan nyaman.

Namun, perlu diingat untuk menghindari penggunaan wallpaper dengan motif besar dan beragam warna yang terlalu mencolok. Warna yang terlalu mencolok dapat membuat ruangan terlihat norak, berantakan, dan sempit, yang bertentangan dengan konsep rumah minimalis. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan motif sederhana seperti garis vertikal atau horizontal.

7. Memakai cermin di setiap sudut

Harga jendela relatif mahal, sehingga banyak orang mencari alternatif lain menggunakan cermin. Gunakan cermin besar supaya rumah terlihat terang dan modern.

8. Tambahkan dekorasi tanaman hias

Banyak orang salah sangka akan konsep rumah minimalis. Sebagian orang beranggapan bahwa rumah minimalis harus polos dan terlihat membosankan. Padahal, kamu bisa menggunakan tanaman hias sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan. Rumah juga terlihat estetik dan terkesan alami.

9. Memaksimalkan fungsi ruang

Faktor lain yang harus kamu perhatikan dalam mendesain rumah minimalis yaitu tidak menggunakan banyak perabotan. Kamu dapat memaksimalkan fungsi ruang untuk menyimpan barang, seperti menggunakan rak dinding bertingkat untuk menyimpan buku, rak TV yang menempel di dinding, atau bahkan rak ambalan.

10. Menggunakan material yang berkualitas

Hal yang satu ini cukup penting dalam mendesain suatu rumah. Dengan menggunakan material yang berkualitas, desain rumah menjadi tahan lama dan rentan terhadap kerusakan atau keusangan. Berbagai material yang bisa kamu gunakan yaitu kaca, kayu, beton, metal, besi, dan lain-lain. Kamu bisa menggunakan material tersebut untuk meningkatkan estetika rumah minimalis modern.

Baca juga: Inilah 10 Kelebihan Rumah Minimalis Modern


Inspirasi Desain Rumah Minimalis


Setelah mengetahui tips dalam mendesain rumah minimalis, kamu pasti ingin segera membangun rumah minimalis sekaligus modern. Berikut ini beberapa inspirasi desain rumah minimalis:

1. Rumah minimalis satu lantai

Kamu dapat menggunakan lahan yang tidak terlalu luas untuk membangun rumah minimalis satu lantai. Ciptakan rumah minimalis dengan penggunaan warna netral pada fasad seperti warna abu-abu, putih, hitam, atau lisplang coklat yang berbentuk limas pada bagian depan rumah.

Untuk memaksimalkan pencahayaan rumah, kamu bisa menggunakan jendela besar dan letakan di area samping pintu utama, kamar, bahkan dapur.

2. Rumah minimalis dua lantai

Dengan tipe rumah minimalis dua lantai, kamu dapat membangun lebih banyak ruangan. Misalnya, lantai satu digunakan untuk ruang tamu dan dapur. Sedangkan lantai dua digunakan untuk kamar tidur.

Selain itu, agar terlihat modern, kamu bisa menggunakan fasad geometris. Tambahkan pencahayaan dengan memasangkan lampu di area-area strategis. Area depan rumah juga bisa kamu hias dengan taman mungil agar terlihat asri dan menyegarkan.

3. Rumah minimalis Skandinavia

Sama seperti konsep minimalis, desain interior rumah Skandinavia umumnya menonjolkan kesederhanaan. Meskipun dengan lahan yang terbatas, kamu juga bisa memadukan gaya Skandinavia ke dalam rumah minimalismu.

Elemen yang paling sering digunakan dalam desain ini yaitu kayu. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan elemen kayu dalam desain Skandinavia jangan terlalu dominan. Misalnya, hanya diaplikasikan pada fasad eksterior agar terlihat estetik dan menarik.

4. Rumah minimalis dengan ornamen kayu

Ornamen kayu dapat menjadi salah satu material penting dalam mendesain rumah minimalis sekaligus modern. Dengan menggunakan material kayu, rumah akan terlihat hangat dan modern. Suasana dalam rumah akan terasa lebih alami dengan penggunaan lantai kayu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan rumput hias untuk menambah keasrian rumah. Gunakan material kaca untuk memaksimalkan pencahayaan rumah.

5. Rumah minimalis dengan batu alam

Selain kayu, kamu juga dapat menggunakan batu alam. Material yang satu ini tidak hanya membuat rumah minimalis terlihat modern, tetapi juga mewah. Kamu bisa mengaplikasikan batu alam pada salah satu dinding rumah seperti dapur untuk menambah kesan elegan dan natural.

Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan dekorasi terlalu banyak di sekitar penggunaan batu alam agar tidak mengganggu estetikanya.

6. Rumah minimalis dengan teras yang luas

Bagi para pecinta kendaraan seperti suka mengoleksi mobil atau motor, desain yang satu ini sangat cocok untukmu. Kamu bisa mengambil sebagian ruang dari lahan bangunan suatu rumah minimalis untuk dijadikan taman bunga atau carport.

7. Rumah minimalis dengan dominan warna putih

Warna putih merupakan warna primer yang identik dengan konsep sederhana dan bersih. Penggunaan warna putih umum digunakan rumah minimalis modern. Pasalnya, dengan kesederhanaan dan kebersihan yang diciptakan oleh warna putih, ruangan dapat dengan mudah terlihat lebih luas dan terang.

Tidak hanya dapat diaplikasikan pada warna dinding, banyak orang juga menggunakan furnitur berwarna putih. Supaya tidak terlihat monoton, kamu bisa menambahkan dekorasi kayu atau tanaman hias.

8. Rumah minimalis modern yang dilengkapi kolam renang

Siapa bilang rumah minimalis modern tidak bisa memiliki fasilitas mewah? Kamu juga bisa menambahkan beberapa fasilitas mewah pada rumah minimalis. Konsep minimalis yang diusung pada desain ini bukan lahan yang terbatas, melainkan rumah yang terlihat compact, sederhana, dan dilengkapi dengan fasilitas. Salah satu fasilitas yang marak dibangun pada rumah minimalis modern yaitu kolam renang.

9. Rumah minimalis tropis

Desain rumah minimalis memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, desain ini memadukan gaya tropis dan minimalis sekaligus. Kamu bisa menciptakan desain interior yang satu ini dengan mengusung konsep terbuka dan penggunaan material alami. Rumah minimalis bergaya tropis identik dengan penggunaan ventilasi yang optimal. Dengan begitu, rumah akan terasa asri, nyaman, dan menyegarkan.

10. Rumah minimalis konsep klasik

Rumah minimalis juga dapat dibuat terlihat klasik dengan perpaduan antara kesederhanaan dan kemewahan. Kamu bisa membuat rumah minimalis klasik menjadi titik temu harmonis antara berbagai keanggunan klasik dan unsur minimalis. Memanfaatkan berbagai material klasik yang memberikan tampilan keindahan dan otentik pada desain rumah minimalis, seperti plafon berwarna putih.

11. Rumah minimalis bergaya Jepang

Saat ini, rumah minimalis bergaya Jepang juga sedang populer. Dengan mengutamakan konsep sederhana dan praktis, membuat rumah terasa lebih nyaman dan penuh kedamaian.

Kamu dapat menciptakan desain ini menggunakan material alami seperti tanaman hias, ornamen kayu, dan pewarnaan yang sederhana.

12. Rumah minimalis dengan konsep industrial

Kamu juga bisa menciptakan rumah minimalis bernuansa industrial. Beberapa elemen yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan desain ini yaitu besi, beton, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan pencahayaan alami untuk menambah kesan unik.

Desain industrial merupakan inspirasi dari bangunan industri dengan kombinasi antara material yang kokoh dan pencahayaan alami yang sesuai sehingga rumah terlihat menarik dan modern sekaligus.

Baca juga: Renovasi Rumah Tua Jadi Minimalis: Bawa Pesona Lama ke Nuansa Modern


Akhir Kata


Rumah minimalis tidak selalu berarti ruangan yang sempit. Kamu dapat mengubahnya agar terlihat lebih luas dan terkesan modern. Meskipun terdengar mudah dilakukan, kamu perlu berhati-hati karena detail-detail penting sangat mempengaruhi kesan rumah minimalis. Kamu juga dapat memilih dan memadukan pemilihan warna cat yang sesuai, memilih interior dan perabotan yang multifungsi dan sesuai..

Pada artikel ini, kami juga telah mengetahui berbagai jenis desain minimalis dengan masing-masing karakteristik dan keunikannya. Mulai dari yang sederhana satu lantai hingga terlihat mewah dengan kolam renang. Penting bagi kamu untuk mengerti bahwa pemilihan desain rumah harus dilakukan dengan hati-hati karena tidak hanya berkaitan dengan estetika, melainkan berkaitan juga dengan kenyamanan, fungsionalitas, dan gaya hidup.

Wujudkan impian memiliki rumah minimalis bersama BTN. Kunjungi link ini untuk mengetahui tips dekorasi hunian lainnya.

Baca juga: Cocok untuk yang Suka Alam! 5 Inspirasi Rumah Minimalis Warna Hijau

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua